Selasa, 23 Juli 2019

Genmuda – Wah gak kerasa udah puasa lagi. Berarti makin deket juga nih sama THR Idul Fitri. Tapi selama berpuasa, udah maksimal belum sih ibadah kamu?

Nah coba dicek lagi, barangkali masih ada hal-hal yang sadar gak sadar kamu lakuin, dan malah mengurangi pahala puasa kamu. Gak percaya? Coba nih cek dulu 5 kegiatan atau hal yang sebenernya bisa kamu kurangi selama bulan puasa.

1. ‘Sebats’

Udah pada tau lah ya kalo sebats (baca: sebatang rokok) itu gak ada faedahnya, nyakitin malah iya. Gak cuma ngerugiin diri sendiri tapi nyakitin orang-orang sekitar yang gak sengaja kena asapnya juga. “Aku pake vape kak.” Ah, sama aja! Intinya, kedua hal itu bisa kok kamu kurangi selama sebulan puasa.

Banyaknya zat kimia yang ada didalam rokok diantaranya tar, nikotin, dan karbon monoksida ternyata gak bagus buat tubuh saat baru buka puasa. Ketika kamu buka puasa dan langsung ngerokok, hal yang bisa kamu rasain adalah pusing, kelelahan, mual dan juga muntah. Mendingan coba dikurang-kurangin ya.

2. Buka akun gosip

via: Tumblr

Banyak hal negatif yang kamu lakukan sekaligus ketika buka akun gosip. Yang pertama, kamu bisa berburuk sangka sama orang lain. Terus dilanjutkan sama ngomongin dan ujung-ujungnya ngebully.

Pasti udah tau kan akun-akun gosip di Instagram? Nah ketika kamu ‘follow’, kamu pasti pengen tau terus update berita soal artis. Udah tau kabar terkininya, kamu share itu ke temen-temen kamu dan akhirnya jadi bahan gosip.

Tanpa sadar, betapa banyak pahala puasa kamu yang berkurang karena kamu sibuk ngomongin orang lain. Jadi, coba di ‘unfollow’ dulu ya akun-aku kayak gitu. Kalo masih tetep kepo, coba stalking habis buka puasa. *canda

3. Nonton film/tv

via: Tumblr

Mirip-mirip sama buka akun gosip, ketika kamu nonton tv atau film, pasti ada hal yang mungkin gak baik buat ditonton. Kalo kamu udah gak mengikuti akun gosip tapi nonton infotainment, ya sama aja ya kan.

Belum lagi kalo kamu nunggu buka puasa sambil nonton film bokep panas. Waduh, ketawan buka puasa aja deh gengs. Masih banyak kok cara asik buat ngabisin waktu berbuka puasa. Kalo gak mau capek ya tidur aja.

4. Pacaran

Nah, hayo ngaku. Siapa yang masih suka pacaran pas bulan puasa? Coba deh buat agak jaga jarak dulu sama si doi, dan fokus buat benerin ibadah kamu. Ya minimal dijaga sampe buka puasa deh.

Kamu sendiri pasti paham betul deh batasan-batasan antara yang boleh dilakuin sama yang gak boleh dilakuin. Jadi semoga kisah cinta kamu sama si doi gak malah jadi bumerang dan ngurangin pahala kamu di bulan puasa ini ya.

5. Apatis

Wah, sayang banget kalo kamu masih punya kebiasaan yang satu ini. Soalnya di bulan puasa. kamu malah bisa banget buat saling bantuin orang-orang di sekitar yang lagi membutuhkan. Hal kecil aja bisa bikin kamu dapet pahala, apalagi ngelakuin hal yang besar?

Jangan deh kamu gak peduli sama sekitar. Minimal dari lingkup keluarga, contohnya menyiapkan makanan berbuka puasa. Di lingkup masyarakat, coba deh buat rajin bersedekah. Toh harta kamu gak akan berkurang, justru nanti malah akan bertambah. *tsah!

Yuk ah, kita kurang-kurangin hal yang kurang baik dan kurang berfaedah kayak di atas supaya keberkahan puasa makin kita rasain. Semangat, Lebaran masih nunggu hilal! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.