Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Kecerdasan jadi hal esensial bagi manusia. Dengan menjadi cerdas, dijamin hidup kita pasti sejahtera. Apalagi Kawan Muda yang saat ini sedang kuliah atau sekolah pasti ukuran keberhasilan kamu bisa diukur dari kecerdasan.

Selain belajar biar pintar (iyalah), ternyata gaya hidup juga mendukung tingkat kecerdasan seseorang loh. Menurut beberapa penelitian, ada berbagai kebiasaan sederhana yang berguna buat ningkatin kecerdasan. Cara-caranya pun engga begitu sulit loh, Kawan Muda. Yuk kita lihat apa aja!

 

  1. Mengunyah permen karet
(Sumber: PSU)

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Apetite edisi Desember 2014 menunjukan bahwa siswa yang mengunyah permen karet selama lima menit sebelum mengikuti tes mendapat hasil yang lebih bagus ketimbang mereka yang engga mengunyah permen karet.

Sebelumnya juga ada hipotesa yang menunjukan kegiatan fisik bisa meningkatkan kemampuan otak. Nah, studi permen karet ini menunjukan, hanya dengan sedikit aktivitas fisik kemampuan otak dapat meningkat.

Menurut profesor psikologi di St.Lawrence University, New York, Serge Onyper kepada Health Day, mengunyah permen karet hanya bisa diperoleh dengan mengunyah lima menit sebelum tes dimulai bukannya dikunyah pada saat tes berlangsung.

  1. Memakan coklat
(Sumber: Huffington Post)

Coklat memiliki kandungan flavonoid. Kandungan ini berperan dalam peningkatan fungsi otak. Zat ini dapat ditemukan juga di teh hijau, anggur merah, dan beberapa buah-buahan.  Jadi rajin-rajin aja makan coklat ya, asal jangan berlebihan.

  1. Main musik
(Sumber: Icytales)

Memainkan alat musik dapat meningkatkan kecerdasan hingga tujuh poin loh. Kawan Muda engga perlu jadi seorang jenius musik, yang penting terus berposes buat berlatih memainkan musik dapat meningkatkan IQ kita. Engga heran ya ternyata musisi macam Vidi Aldiano atau Maudy Ayunda sekolahnya pintar.

  1. Olahraga sederhana
(Sumber: Lenasblackbook)

Dengan meningkatkan denyut jantung dan berkeringat setiap harinya ternyata mampu melawan penurunan daya ingat dan pertajam pikiran kamu, Kawan Muda. Latihan ringan seperti jogging, berenang, yoga, atau bersepeda dapat menjaga fungsi otak secara optimal.

  1. Main video games
(Sumber: EECS)

Bermain video game ternyata bisa meningkatkan penalaran abstrak dan kemampuan pemecahan masalah. Laporan penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences mengungkapkan kalo adanya peningkatan signifikan dalam tugas-tugas yang berhubungan dengan memori kerja diamati pada siswa-siswa yang menghabiskan lebih banyak waktu bermain game komputer. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.