Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – Setelah berlaga di GP China beberapa waktu yang lalu, pembalap muda kebanggan Indonesia, Rio Haryanto, akhirnya bakal kembali ngejajal arena balap Formula One (F1) nih, Kawan Muda. Di weekend ini, doi bakal berkompetisi di GP Sochi, Rusia.

Latihan resmi pertama Rio bersama para pembalap F1 lainnya di Sirkuit Sochi Autodrom bakal dilaksanain hari ini, Jumat (29/4), pukul 10.00 sampai 11.30 waktu setempat, dilanjutin dengan latihan kedua yang bakal berlangsung pada pukul 14.00 sampai 15.30 waktu setempat.

Rio Haryanto (Sumber: formulaspy.com)

Kemudian, bakal ada pula latihan ketiga pada hari Sabtu (30/4) pada pukul 12.00 sampai 13.00 waktu setempat. Setelah itu, barulah babak kualifikasi buat nentuin posisi start digelar pada pukul 15.00 sampai 16.00 waktu setempat. Balapannya sendiri baru bakal diadain pada hari Minggu (1/5) pukul 15.00 waktu setempat. Weekend yang panjang deh pokoknya buat Rio dan rival-rivalnya.

Terlepas dari itu, masih ada lagi beberapa hal yang perlu kamu ketahui jelang balapan Rio di Sirkuit Sochi, Kawan Muda. Penasaran pengen tahu lebih lajut? Berikut ini Genmuda.com udah rangkumin 5 contoh di antaranya yang sayang buat kamu lewatin:

1. Laga ketiga Rio di Sirkuit Sochi

Rio Haryanto (kiri) di atas podium Sirkuit Sochi usai finish di urutan kedua pada balapan GP2 Series 2015 (Sumber: Paolo Pellegrini/GP2 Series)

FYI, Sirkuit Sochi Autodrom udah bukan sirkuit yang asing lagi buat Rio. Sebelumnya, doi udah dua kali ngejajal sirkuit tersebut pas ikutan kompetisi GP2, tepatnya pada GP2 Series 2014 bareng tim Caterham Racing dan pada 2015 bareng tim Campos Racing. Doi bahkan sukses naik podium setelah berhasil finish di urutan kedua pada sprint race tahun lalu. Doi pun udah engga sabar buat balapan dengan mobil F1-nya di lintasan sirkuit tersebut.

Itu [GP2 Series 2015] seharusnya menjadi kemenangan keempat saya dalam satu musim. Saya memimpin pada lap terakhir namun saya akhirnya berada di urutan kedua setelah dinilai menyalip saat ada Safety Car. Saya seharusnya juga memperebutkan gelar. Meski begitu, itu tetap balapan yang baik bagi saya. Saya tidak sabar untuk merasakan balapan di lintasan tersebut dengan mobil F1,kata Rio.

2. Persiapan dan harapan

Pada balapan F1 keempatnya kali ini, Rio yang udah akrab dengan lintasan Sirkuit Sochi Autodrom ngakuin kalau dirinya antusias banget. Doi berharap pula supaya dirinya bisa ngasih yang terbaik demi ngebalas dukungan para penggemarnya di Tanah Air.

Saya sudah menunggu lama untuk saat ini, jadi setidaknya yang bisa saya lakukan adalah menghargai dukungan para penggemar di negara asal saya yang begitu luar biasa. Iklimnya juga sangat baik untuk latihan. Panas dan kelembabannya membuat saya harus memacu diri sampai pada batasnya, lebih dari yang sebelumnya,” ungkap Rio.

Sementara itu, tim Manor Racing yang dibela Rio kali ini juga kembali jadi tim yang ngebawa ban berkompon medium terbanyak dibandingin 10 tim lainnya. Manor Racing jadi satu-satunya tim yang bawa dua set kompon medium, di samping lima set kompon lunak, dan enam set kompon super lunak.

JSYK, lintasan Sirkuit Sochi Autodrom terkenal engga gampang bikin ban aus. Dengan demikian, tim-tim yang pengen nerapin strategi nyerang bisa lebih bebas pakai ban super lunak, yang memang terbilang bagus banget buat ngedapetin kecepatan tinggi. We’ll see deh, Kawan Muda.

3. Menetap di Spanyol

Rio Haryanto saat berlaga di GP Australia (Sumber: Jason Reed/Reuters)

Kalau kemarin-kemarin Rio masih rajin buat nyempetin pulang ke Indonesia, maka sekarang doi engga bakal sering-sering buat pulang lagi, Kawan Muda. Abis balapan di Rusia, doi rencananya bakal tinggal di Spanyol buat sementara waktu.

Balapan-balapan di Asia membuat [saya cukup mudah kembali ke Indonesia]. Saat sudah di Eropa, saya harus mengurangi kepulangan saya,” ujar Rio. “Setelah Rusia, saya akan lebih banyak berada di Spanyol. Spanyol sudah seperti rumah kedua bagi saya dan pelatih saya juga berasal dari Spanyol,” tutupnya.

  1. Crowdfunding

Walau udah lebih paham soal kondisi lintasan Sirkuit Sochi Autodrom, bukan berarti Rio kini bisa bernapas lega buat ngejalanin balapan F1-nya. Soalnya, doi sampai sekarang masih butuh dana sekitar 9,75 juta euro (sekitar 144 miliar rupiah) buat bisa lanjut berlaga di F1 musim ini. Sejauh ini, doi baru mampu ngebayar sekitar 5,25 juta euro (sekitar 78,3 miliar rupiah).

Well, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebenarnya udah berusaha ngelakuin berbagai cara buat ngebantu Rio. Beberapa waktu yang lalu, beliau bersama pejabat eselon I-IV, pegawai, serta staf di lingkungan Kemenpora udah ngegelar acara Solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto di Auditorium Wisma Menpora Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut berhasil ngumpulin uang sebesar 262 juta rupiah.

Bukan cuma itu, belakangan ini Menpora Imam Nahrawi juga udah bekerjasama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara lewat program SMS Solidaritas. Kamu pun bisa ikut terlibat cuma dengan bermodalkan pulsa buat SMS loh, Kawan Muda.

“Pada dasarnya, itu adalah ide Menteri Pemuda dan Olahraga untuk menghasilkan dana. Mereka ingin mengumpulkan sebanyak yang mereka bisa demi mencapai anggaran untuk Formula 1. Anda bisa mengirimkan pesan ke nomor yang telah ditentukan dengan biaya sebesar 5000 rupiah per SMS jika Anda bersedia mendukung saya untuk memperoleh dana tambahan,” jelas Rio.

  1. Merchandise resmi Pertamina

Merchandise resmi Pertamina (Sumber: Stanly/Otomania)

Engga ketinggalan dari Menpora dan Mekominfo, Pertamina sebagai sponsor utama Rio dari tahun 2010 juga punya rencana lain buat Rio. Secara khusus, dalam rangka ngewadahin para penggemar Rio yang jumlahnya makin hari makin bertambah, Pertamina berencana buat masarin merchandise resmi F1 Rio.

Memangnya apa aja sih merchandise yang bakal dijual Pertamina? Mulai dari kaos, kemeja, sampai topi, semua bakal bisa kamu beli di outlet Bright yang ada di SPBU Pertamina. Berbagai apparel itu pun bakal dikasih logo khusus, yang jadi tanda kalau produk tersebut memang asli dari Pertamina. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer