Senin, 27 Juni 2022

Genmuda Buat Kawan Muda yang suka keki gara-gara harus berurusan sama Wi-Fi yang lemot, kamu wajib tahu informasi yang satu ini.

Di jaman yang serba online sekarang ini, kayaknya engga ada hal yang lebih nyebelin selain koneksi Wi-Fi yang super lambat. Iya sih udah ada Li-Fi yang jauh lebih canggih dan lebih cepat. Tapi, tetap aja saat ini yang udah banyak tersedia di mana-mana baru koneksi Wi-Fi doang.

Lantas, kenapa sih koneksi Wi-Fi suka mendadak jadi lambat dan engga bisa dipakai buat internetan? Memang kamunya yang lagi apes aja, atau ternyata ada hal lain yang jadi pemicunya? Well, berikut ini adalah 5 hal yang berpotensi bikin koneksi Wi-Fi kamu lemot:

 

  1. Lampu dan lemari es

Para ahli dari Ofcom belum lama ini udah nemuin kalau lampu maupun lemari es, speaker, monitor bayi, telepon nirkable, dan pembuka pintu garasi bisa ngeganggu sinyal Wi-Fi. Hal itu terjadi karena semua perangkat tersebut ngirimin gelombang radio, yang sama dengan sinyal yang dikirimin oleh router kamu. Kamu sebaiknya nempatin router jauh dari perangkat-perangkat tersebut atau objek elektronik serupa.

  1. Wi-Fi tetangga

Router jaman sekarang bakal nyoba buat milih saluran terbaik dan paling engga padat secara otomatis. Tapi, itu artinya terkadang kamu dan tetangga kamu beroperasi di saluran yang sama, sehingga kamu bakal dapat gangguan serius pada koneksi kamu kalau router kamu dan tetangga kamu terlalu dekat. Kamu mungkin bisa aja ngubah saluran lewat penyedia jaringan kamu.

  1. Manusia

FYI, Wi-Fi bisa mendadak lemot bukan cuma gara-gara lagi dipakai banyak orang aja. Menurut eksperimen University of California, Wi-Fi juga bisa lemot gara-gara ada banyak orang itu sendiri. Singkatnya, sinyal Wi-Fi langsung jadi nurun drastis saat seseorang nyebrang ke jalur sinyal. Sinyal jadi tersebar gara-gara kehadiran tubuh manusia, tapi engga di jalur langsung dari sinyal tersebut.

  1. Penggunaan aplikasi yang monopoliin banyak bandwidth

Kalau kamu suka ngeakses layanan awan kayak DropBox, mainin online games, atau buka layanan streaming yang mirip-mirip kayak Netflix, kamu engga perlu heran kalau koneksi Wi-Fi kamu mendadak jadi lemot. Meski begitu, kamu mungkin bisa ngubah pengaturan di router kamu biar kamu bisa milih aplikasi mana yang sebaiknya yang jadi prioritas.

  1. Lokasi kamu

Lokasi di sini bukan berarti seberapa dekat laptop kamu ke router. Yang lebih penting adalah fakta bahwa beberapa area punya broadband yang lebih baik, sehingga koneksi Wi-Fi-nya lebih kencang dari tempat lain. Jadi, perbedaan geografis turut berpengaruh dalam nentuin kecepatan koneksi Wi-Fi kamu. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Tags :
Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer