Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Masalah nilai memang selalu aja jadi salah satu hal yang ngehantuin banyak pelajar dan mahasiswa, baik di Indonesia maupun di negara lain. Engga heran, sering kali nilai juga bisa bikin para pelajar dan mahasiswa jadi serba salah.

Pas dapat nilai jelek, kamu mungkin bakal bete setengah mati. Walau kamu ngerasa bisa ngejawab semua pertanyaan yang ada, hasilnya justru engga sesuai harapan kamu. Kamu pun akhirnya cenderung jadi pesimis sama nilai-nilai kamu yang berikutnya.

Nah, berawal dari terus-terusan dapat nilai yang engga memuasin, biasanya keadaan kamu bakal berubah drastis kalau suatu hari kamu mendadak dapat nilai bagus dari guru atau dosen kamu. Engga percaya? Lihat aja tahap-tahapnya berikut ini:

 

  1. Gue pasti salah lihat!

Saking baru pertama kalinya dapat nilai bagus, kamu mungkin malah jadi nyangka kalau guru atau dosen kamu udah salah ngasih nilai. Kalau engga, bisa jadi nilai kamu udah ketuker sama teman kamu yang pintar dan kebetulan urutan absennya sebelum atau sesudah kamu. Yang jelas, kamu engga yakin gitu aja kalau nilai itu beneran nilai kamu.

  1. Gila! Ini mukjizat banget!

Pas udah tahu dan yakin banget kalau nilai A itu benar-benar nilai kamu, kamu biasanya bakal cenderung ngerasa takjub. Apalagi kalau nilai kamu itu berasal dari guru atau dosen yang terbilang pelit dalam hal ngasih nilai. Kamu pun jadi kayak abis ngalamin rezeki durian runtuh alias keajaiban yang mustahil di tengah siang bolong.

  1. Makasih otak!

Walaupun kamu mungkin engga ngedapetin nilai bagus dengan usaha kamu sendiri, pada akhirnya kamu tetap bakal lebih cenderung ngasih pujian ke otak dan diri kamu ketimbang ke orang lain yang udah ngebantuin kamu. Hal inilah yang kemudian bisa bikin kamu jadi lupa daratan, kayak yang digambarin di poin berikutnya.

  1. Minggir lo semua!

Bukan cuma jadi terus-terusan senyum, kamu juga berpotensi jadi sombong gara-gara baru dapat nilai bagus untuk pertama kalinya. Belum lagi kalau ternyata teman-teman kamu yang sering dapat nilai bagus malah dapat nilai di bawah rata-rata. Sadar engga sadar, kamu jadi ngebangga-banggain nilai kamu terus dan kesombongan kamu lantas semakin menjadi.

  1. Saatnya pesta!

Setelah ngelewatin siklus engga percaya sampai terlalu sombong, hal yang satu ini biasanya bakal kamu lakuin buat ngasih penghargaan ke diri kamu atas apa yang udah berhasil kamu capai. Ibaratnya, ini saatnya kamu manjain dan muas-muasin diri kamu setelah ngelewatin hari yang cukup panjang dan berat gara-gara urusan nilai. Let’s party! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer