Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Tahun 2015 bisa dibilang engga jauh-jauh dari yang namanya media sosial. Banyak hal viral pun mungkin engga bakal bermunculan kalau bukan gara-gara media sosial.

Jaman sekarang, apapun selalu diomongin netizen di media sosial. Entah itu kampanye, bencana alam, serangan teroris, karya terbaru para artis, atau bahkan masalah kayak larangan beroperasi transportasi online dan salah sebut juara Miss Universe yang baru-baru ini terjadi, semuanya pasti jadi topik yang ramai dibicarain netizen di media sosial.

Tapi, engga semua hal viral yang muncul di media sosial bisa langsung dipahami dan diterima gitu aja dengan mudah oleh para netizen. Ada juga sejumlah hal yang sampai bikin netizen kaget dan kelimpungan setengah mati, kayak 5 hal berikut ini misalnya:

 

  1. Gaun biru-hitam/putih-emas
Biru-hitam atau putih-emas? (Sumber: Mirror.co.uk)

Berawal dari teka-teki yang dibuat oleh seorang pengguna Tumblr bernama Swiked, gaun biru-hitam/putih-emas dalam sekejap sukses jadi ilusi optik yang paling viral di 2015. Banyak netizen termasuk artis ternama kayak Taylor Swift pun ikut terlibat dalam perdebatan sengit ini.

Yang lebih serunya lagi, teka-teki gaun biru-hitam/putih-emas juga sempat dikaitin sama masalah psikologi. Orang yang ngelihat warna biru-hitam cenderung begini lah, orang yang ngelihat warna putih-emas cenderung begitu lah, dan sebagainya. Ujung-ujungnya? Semua justru jadi keki. Ya, udah aja terus hilang.

  1. Kucing naik/turun tangga
Kucing ini naik atau turun tangga? (Sumber: 9gag)

Awalnya sih kelihatan kayak kucing yang lagi jalan nurunin anak tangga, tapi setelah diamati lagi gambar dari 9gag ini justru nunjukin kucing yang lagi naik akan tangga. Para netizen bahkan sampai ngegunain beragam pendekatan buat ngejawab teka-teki ini, termasuk pendekatan biologi.

Hingga akhirnya, semua rasa kepo terjawab pas 9gag ngebagiin sebuah gambar lain yang nunjukin penjelasan soal gambar si kucing. Dalam gambar kedua 9gag itu, terlihat bahwa petunjuk terletak di bagian tepi depan anak tangga. Tebakan kamu benar engga, Kawan Muda?

  1. Soal ujian sekolah Hong Kong
Tebak angkanya, Kawan Muda! (Sumber: Twitter)

Kalau Kawan Muda ngerasa pintar, kamu seharusnya bisa ngejawab soal logika sederhana ini dalam waktu kurang dari 20 detik. Kalau kamu gagal, berarti kamu harus berguru lagi sama para bocah enam tahun di Hong Kong. (FYI, jawabannya adalah 87. Sederhana banget ‘kan?)

Soal logika ini awalnya dibuat oleh penemu teka-teki asal Inggris, David Bodycombe. Bodycombe dapat ide pas lagi berada di sebuah parkiran mobil di Portugis lebih dari 20 tahun yang lalu dan baru ngepublikasiin soal ini dalam sebuah buku teka-teki IQ di tahun 2002. Lucunya, beliau engga tahu kalau karyanya ini dipakai buat ujian sekolah di Hong Kong sampai disebarin oleh netizen di Sina Weibo.

  1. Cat kuku dan sepatu

Mirip sama kasus gaun biru-hitam/putih-emas, lagi-lagi para netizen harus ketipu dibuat kelimpungan gara-gara ilusi optik yang diciptain lewat warna. Bedanya, pilihan warna pada kasus yang satu ini jauh lebih bikin pusing dari pada gaun biru-hitam/putih-emas.

Sekedar bocoran, persepsi kamu akan warna sepatu pada ilusi optik ini bakal berubah berdasarkan cat kuku mana yang langsung kamu lihat sebelum kamu ngelihat sepatunya. Kalau masih bingung, mending sekarang kamu langsung coba buktiin lagi aja, Kawan Muda.

  1. Panda di tengah manusia salju

Ini dia gambar viral terbaru yang lagi ngehebohin para netizen: nyari satu panda (iya cuma satu, engga kurang dan engga lebih) di tengah segudang manusia salju. Dibuat oleh seniman Gergely Dudás, gambar ini baru aja doi bagiin lewat Facebook-nya beberap hari yang lalu.

Well, kalau kamu engga berhasil nemuin si panda di percobaan pertama, kamu engga sendirian kok, Kawan Muda. Banyak netizen lainnya yang udah nyoba nyari juga ngalamin hal yang sama. Seorang netizen pun malah nemuin “seekor naga, dua sandal, sekaleng soda”, bukannya panda. Aneh-aneh aja ya? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer