Kamis, 22 Oktober 2020
HiburanNyeni

5 Hal Seru yang Bisa Lo Temuin di Shopee Indonesia Comic Con 2019

Konferensi Pers Shopee Indonesia Comic Con 2019 di Jakarta, Kamis (10/10) ©Genmuda.com/2019 Liki

Genmuda – Memasuki tahun kelima gelaran pop culture Shopee Indonesia Comic Con 2019 kembali digelar pada akhir pekan ini, 12-13 Oktober 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pihak penyelenggara menyiapkan banyak hal menarik yang perlu buat Kawan Muda tau. Mau tau ada apa aja? Berikut ulasannya.

1. Bekerjasama dengan Shopee

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee ©Genmuda.com/2019 Liki

Di tahun ini Reed Panorama Exhibitions selaku penyelenggara Indonesia Comic Con resmi bekerjasama dengan Shopee dan secara resmi menggunakan nama Shopee Indonesia Comic Con (ICC) 2019. Dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/10), kerjasama ini sekaligus sejalan dengan tingginya minat pecinta pop culture di Indonesia.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee menyebutkan bahwa ini adalah acara yang cukup unik dan kuat untuk satu komunitas tertentu.

“Kenapa Pop Culture sangat penting? Karena ini punya pasarnya sendiri dan komitmen dari hobi mereka.” jelas Rezki kepada Genmuda.com.

Ia juga bilang kalo perkembangan Pop Culture di Indonesia cukup drastis dengan lahirnya banyak creator lokal yang udah diperhitungkan dalam tingkat internasional. Kerjasama inilah yang mendorong Shopee buat memberikan kemudahan buat pengunjung Shopee ICC 2019 lewat fitur Shopee O2O alias online to offline.

Selain bisa mendapatkan cashback 20% dari pembelian tiket masuk melalui aplikasi Shopee, calon pengunjung juga dapat melakukan transaksi di tenant-tenant dengan promo menarik dari Shopee.

2. Dua headliner paling ditunggu

Austin St, John (dua dari kanan) yang menjadi headliner Internasional di ajang Shopee Indonesia Comic Con 2019 ©Genmuda.com/2019 Liki

Seperti yang udah Genmuda.com bahas sebelumnya. Pada tahun ini Shopee ICC 2019 turut dimeriahkan oleh kehadiran Austin St. John dan Deborah Ann Woll.

Andriani Tirtawisata, Event Manager Shopee ICC 2019 bilang ke Genmuda.com jika pemilihan kedua headliner internasional ini berdasarkan minat dan antusias pengunjung di tahun-tahun sebelumnya.

“Sejak kehadiran Jason David Frank tahun 2017 di ICC, banyak fans yang bilang tinggal (datangkan) Austin. Sekarang kita coba datangkan wishlist mereka.” ungkap Andriani.

Sementara dipilihnya Deborah engga lain karena tingginya minat Marvel Fanboy di Indonesia. Oleh sebab itu pihak penyelenggara menyebut beruntung bisa mendatangkan salah satu pemeran MCU Series itu ke Indonesia.

“Ini suatu yang baru buat pengunjung karena belum ada pemain MCU series yang pernah datang ke Indonesia.” tambahnya.

3. Keuntungan buat cosplayer

Enji Night (tengah) saat menjelaskan kriteria penilaian pada kompetisi cosplay di Shopee Indonesia Comic Con 2019 ©Genmuda.com/2019 Liki

Buat Kawan Muda yang suka ikutan cosplay, lo juga bisa mendapatkan keistimewaan dengan adanya cosplay runaway untuk level pemula. Seratus cosplayer yang datang pertama ke Shopee ICC 2019 bisa masuk secara gratis dengan mendaftarkan diri dan membawa foto atau gambar karakter yang mereka perankan. Para cosplayer juga bisa mendapatkan fasilitas di lounge, repair station, snack, dan diskon 20% untuk workshop yang disediakan buat cosplayer di Zona Cosplay.

Sedangkan kategori selanjutnya ada Championship World Cosplay yang akan bertarung dan dinilai oleh cosplayer handal dari dalam dan luar negeri salah satunya ada, Enji Night.

Dalam wawancaranya kepada awak media cewek asal Hungaria ini menyebut bahwa banyak penilaian yang harus dinilai dalam sebuah kompetisi cosplay. Ia juga mengaku gak sabar untuk melihat kreativitas cosplayer Indonesia yang cukup detil dan mayoritasnya adalah pengrajin jubah cosplay seperti dirinya.

“Banyak kriteria yang dinilai, tapi buat gue secara keselurahan adalah penampilan dari karakter yang dibawakan dan semua hal detil yang mereka buat untuk kostum mereka” jelasnya.

FYI, pemenang dari Championship World Cosplay nantinya akan mewakilkan Indonesia di ajang C2E2 di Chicago, Amerika Serikat, setiap bulan Maret yang diikuti oleh 42 negara di dunia. Sejauh ini prestasi yang paling membanggakan ada di tahun 2016 dimana Indonesia mendapatkan posisi ketiga.

4. Dua film internasional dan satu film lokal

©Genmuda.com/2019 Liki

Buat lo yang dateng ke acara ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk ikutan ‘sneak peek’ lima menit pertama dari film “Terminator” terbaru yang akan dirilis tahun depan. Selain itu film internasional lainnya yang akan mampir ke Shopee ICC 2019 adalah “Jumanji” yang juga akan berkolaborasi dengan komik Tahilalats untuk promosi di Indonesia.

Baca Juga: Nurfadli Mursyid Buktiin Bahwa “Ada Banyak Jalan Menuju Roma” dengan Komik “Tahilalats”

Sementara mewakili film lokal ada juga diskusi menarik dari proyek Bumi Langit dimana akan ada diskusi barengan Zara JKT48 sebagai pemeran superhero perempuan, Virgo.

5. Berbagai acara dan diskon menarik

©Genmuda.com/2017 TIM
Begitu gerbang dibuka, pengunjung langsung seramai ini, terutama di area bazaar. ©Genmuda.com/2017 TIM

Ini yang pasti gak boleh absen di banyak acara Comic Con. Selain bisa mendapatkan merchandise dan penawaran menarik dari Shopee, sejumlah brand mainan, komik, dan gim juga menawarkan banyak promo menarik yang cuma ada di acara ini. Ada juga kompetisi gim untuk turnamen Tekken 7, Street Fighter, hingga CTR dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Untuk masuk ke acara Shopee Indonesia Comic Con 2019 Kawan Muda dikenakan tiket masuk seharga Rp 125 ribu untuk harian dan Rp 220 ribu untuk dua hari. Ada pula tiket freakishly VIP seharga Rp 1,2 juta dengan fasilitas lounge, photo dan signing dengan salah satu guest star, serta keuntungan fast track dan mendapatkan merchandise eksklusif. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.