Senin, 22 Oktober 2018

Genmuda – Setelah ngelewatin penantian panjang selama 14 tahun, sekuel film ‘AADC’ akhirnya bakal dirilis pada bulan April mendatang. Mengingat lamanya selisih waktu tersebut, sejumlah perubahan pun tentu bakal hadir dalam ‘AADC2’.

Salah satu perubahan yang paling jelas terlihat adalah absennya tokoh Alya yang diperanin Ladya Cheryl. Ladya kabarnya engga ikutan jadi bagian dari gengnya Cinta (Dian Sastro dkk.) lagi di ‘AADC2’ gara-gara mau fokus ngelanjutin pendidikannya.

Terlepas dari itu, engga bisa diungkiri kalau ‘AADC2’ tetap jadi salah satu film yang paling ditunggu di 2016. Hal itu pun terbilang wajar, soalnya ‘AADC’ udah jadi bagian penting dari budaya pop sekaligus kehidupan masyarakat Tanah Air, khususnya mereka yang termasuk dalam Generasi 90-an.

So, sambil nunggu ‘AADC’ tayang di 28 April, yuk kita flashback dan nostalgi(l)a dulu, Kawan Muda. Kita balik lagi ke awal tahun 2000-an, pas internet dan medsos masih belum begitu marak kayak sekarang ini. Berikut ini adalah 5 hal ikonik di ‘AADC’ yang sekarang udah terbilang langka:

  1. Buku jadul
(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: YouTube)

Buku ‘AKU’-nya Syumandjaya jelas udah jadi salah satu hal yang paling ikonik dari ‘AADC’ pertama. Rangga ke mana-mana selalu ngebawa-bawa buku itu. Doi bahkan kalang kabut pas buku itu mendadak lenyap dan girang banget pas buku itu akhirnya kembali lagi ke tangan doi.

Sayangnya, jaman sekarang anak SMA yang ke mana-mana ngebawa buku jadul itu kayaknya udah langka banget. Kalaupun ada yang kemana-mana bawa buku, kemungkinan besar ya engga bakal sejadul buku ‘AKU’. Apalagi sekarang ‘kan udah banyak e-book, mending bawa smartphone atau tablet aja deh dari pada bawa buku aslinya.

  1. Puisi
(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: Screenshot YouTube)

Ngomongin soal Rangga, belum lengkap rasanya kalau belum ngebahas soal puisinya. Berawal dari puisinya yang diam-diam dikirimin Pak Wardiman, penjaga sekolah yang dekat sama doi, buat ikutan lomba, doi akhirnya bisa ketemu dan dekat sama Cinta.

Puisi pun sebenarnya masih bakal jadi unsur penting di ‘AADC2’. Meski begitu, banyak anak SMA jaman sekarang mungkin udah engga begitu akrab lagi sama yang namanya puisi, apalagi lomba puisi. Tahu puisi juga paling dari akun-akun Line atau medsos.

  1. Bandana
(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: Screenshot YouTube)

Kalau kamu perhatiin, di ‘AADC’ Cinta sempat beberapa kali pakai bandana, termasuk yang dibuat dari slayer. Pada jamannya, hal itu jelas sempat nge-hits banget di kalangan para cewek. Abang-abang aksesoris rambut cewek laku keras lah pokoknya.

Sebaliknya, sekarang mah cewek-cewek lebih suka pakai hair extension ketimbang pakai bandana. Apalagi kalau pakai bandana yang dari slayer, ujung-ujungnya malah jadi dianggap alay. Abang-abang aksesoris rambut cewek jadi sedih deh, Kawan Muda.

  1. Buku curhat
(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: Screenshot YouTube)

Mirip-mirip diary, buku curhat dulunya dipakai Cinta dkk. buat nulisin segala keluh-kesah mereka. Yang lebih menariknya lagi, tulisan di buku ini pun harus (banget) warna-warni dan hurufnya diukir-ukir gitu (berasa kayak candi atau prasasti aja).

Sekarang? Jangankan nulis buku curhat, punya bukunya aja engga. Ketimbang curhat di buku, kamu juga pasti lebih suka curhat di medsos ‘kan? Entah itu lewat foto, quote, atau postingan lagu beserta potongan liriknya, yang jelas curhat di medsos sekarang lebih digemari ketimbang curhati di buku.

  1. Konser tanpa gadget
(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: Screenshot YouTube)

Di ‘AADC’, ada adegan di mana Cinta nyusulin teman-teman segengnya yang lagi pada nonton PAS Band, yang lagi ngebawain lagu ‘Kesepian Kita’ bareng Tere. Kamu pun bisa ngelihat gimana semua penonton saat itu benar-benar fokus nontonin PAS Band sama Tere.

Tapi, coba deh kamu perhatiin konser atau acara musik jaman sekarang. Bukannya kehalangan kepala penonton lain, kamu pasti bakal kehalangan gadget-gadget yang bertebaran. Udah dikasih nonton langsung, kok malah pada milihnya nonton lewat layar gadget yang kecil ya? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer