Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Buat kamu yang ngakunya anak kekinian, Instagram tentu udah bukan hal yang asing lagi. Meski begitu, sebagian dari kamu bisa jadi belum benar-benar ngegunain semua fitur di Instagram loh, Kawan Muda.

Pengguna Instagram level dewa alias yang terbilang andal seharusnya udah tahu apa aja fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Bahkan, kalau kamu termasuk salah satu di antara mereka, kamu seharusnya udah bisa ngemanfaatin fitur-fitur itu secara maksimal supaya bisa ngehasilin postingan yang mampu narik banyak likes.

Dengan kata lain, kalau kamu udah ngabisin cukup banyak waktu buat mainan Instagram, kamu mungkin udah engga perlu dijelasin lagi soal berbagai fitur pada aplikasi tersebut. Tapi, kalau kamu masih awam atau jarang banget ngutak-ngatik Instagram lebih dalam, berikut ini adalah 5 contoh fitur keren Instagram yang mungkin engga pernah kamu pakai:

1. Pengelolaan filter

(Sumber: iphone-tricks.com)

Filter Instagram sekarang udah banyak banget, bahkan ada sampai sekitar 40-an. Tapi, kamu pasti engga pengen berlama-lama ngegeser layar buat milih filter yang pas, apalagi bakal terus-terusan ngegunain semuanya tanpa terkecuali. Oleh karena itu, mending kamu pilih lagi filter mana aja yang pengen kamu munculin dan ngejejerin filter-filter itu sesuai sama urutan yang kamu suka.

Nah, buat ngelola filter-filter di Instagram kamu, kamu cuma perlu ngegeser semua filter tersebut sampai ujung, tekan ikon Manage, dan kemudian langsung pilih aja filter-filternya. Buat ngurutin ulang, tekan dan tahan filter yang kamu maksud, abis itu tinggal geser deh ke atas atau ke bawah.

2. Pengeditan lebih lanjut

(Sumber: rappler.com)

Sederetan sama ikon filter, kamu bakal nemuin ikon kunci Inggris, yang di dalamnya terdapat beragam sub-fitur pengeditan yang bisa kamu gunain dengan mudah. Beragam sub-fitur tersebut antara lain terdiri dari Adjust, Brightness, Contrast, dan Structure. Tapi, kalau kamu rasa itu semua masih kurang bagus buat ngebantu kamu ngehasilin postingan yang kece badai, mending kamu download aplikasi tambahan aja, Kawan Muda.

3. Ubah cover thumbnail pada video

(Sumber: forbes.com)

Sekedar ngingetin kembali, gambar cover dengan tampilan yang keren bisa berpengaruh pada seberapa tertariknya para pengguna Instagram lain buat nge-like postingan video kamu. Maka dari itu, sebelum kamu ngeposting video kamu, ubah dulu foto cover-nya dengan frame manapun yang ada di video tersebut. Tekan aja ikon kotak yang ada di samping ikon gunting dan pilih frame yang menurut kamu lebih cocok buat dijadiin foto cover.

4. Percepat waktu loading

(Sumber: pcworld.com)

Kalau kamu ngegunain pilihan Use Less Data yang ada di Options > Settings > Cellular Data Use, konsekuensinya adalah foto dan video kamu loading-nya bakal lebih lama. Kalau mau cepat, ya mau engga mau kamu harus ngorbanin paket data kamu dan ngegunain pilihan Default. Namun demikian, harusnya sih itu udah engga jadi masalah lagi kalau kamu ngepostingnya pakai jaringan Wi-Fi (apalagi yang gratis hehe).

5. Lihat postingan di peta dunia

(Sumber: bgr.in)

Kapanpun kamu nambahin lokasi ke postingan Instagram kamu, postingan tersebut bakal muncul pula di Photo Map kamu. Lumayan loh buat ngingetin kamu tempat-tempat mana aja yang udah pernah kamu kunjungi. Kamu buka aja profil kamu, lalu tekan ikon location tag yang ada tepat sebelum ikon Photos of You. Dari situ, kamu bisa nge-zoom lokasi tertentu dan ngelihat lebih lanjut postingan yang udah kamu tandai. Hal serupa juga bisa kamu terapin di profil pengguna lain. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer