Senin, 3 Oktober 2022

Genmuda – Musik Jazz identik banget sama yang namanya improvisasi. Sahut-sahutan alat musik, permainan solo, atau fill-ins antar musisi bisa terjadi dengan sendirinya bahkan tanpa skenario. Makanya, panggung Jazz selalu penuh penjiwaan.

Fashion genre yang sangat bebas dan populer banget di New Orleans Amerika Serikat ini juga sama sekali engga punya pakem secara umum. Style casual, formal, atau elegan biasanya jadi patokan para musisi kombinasiin outfitnya.

Mau kombinasiin topi dengan kemeja dan jeans boleh. Pakai sneaker, rok rempel, dengan atasan vest juga engga bakal saltum. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa sembarangan pakai fashion item ke Java Jazz Festival (JJF) 3-5 Maret ini. Kamu bisa tau mana yang engga perlu dipakai beserta alasannya di bawah ini.

BUAT COWOK

1. Jeans terlalu tebal

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Jeans sebenernya bawahan standar ketika nongkrong di festival Jazz. Tapi, jeans yang terlalu tebal tuh engga banget. Lo bisa ngerasa engga nyaman memakainya setelah berjam-jam di JJF. Kalo udah keringetan makin engga enak lagi. Jadi, pakai aja jeans yang pas di kaki dan paling nyaman.

2. Sandal

via NewYorkTimes.com
(Sumber: NewYorkTimes.com)

Yang bener aja dong lo! Masa ke acara bertaraf internasional gini pakai sendal. Kalo lo mau ke gigs studio komplek sebelah atau dugem di rumah tetangga sih engga masalah. Lagian, bayangin betapa betenya nanti ketika sendal lo putus setelah muterin 14 panggung yang ada di JIExpo Jakarta nanti!

3. Backpack gede

via askmen.com
(Sumber: askmen.com)

Selain karena berat dan engga simpel, tas tracker juga bakal mencegah lo berdiri di depan panggung. Ukurannya yang gede bakal ganggu mobilitas sehingga susah nyelap-nyelip di antara pengunjung. Kalo mau nunjukin lo adalah anak gunung sejati, lo salah tempat. Mendingan lo ke Puncak Mahameru aja.

4. Unbuttoned

via staticflickr.com
(Sumber: staticflickr.com)

Berbagai kritikus fashion sama sekali engga nyaranin cowok-cowok buat bertelanjang dada di konser Jazz, sebagus apapun badannya. Buat Genmuda.com sih bebas-bebas aja, cuma inget deh sama kesehatan. Masa iya abis jadi anak gaul di festival Jazz terkeren langsung dikerokin karena masuk angin?

5. Sunglasses

via individualism.co.uk
(Sumber: individualism.co.uk)

Kamu mungkin butuh kacamata hitam buat perjalanan ke JIExpo aja. Soalnya, band pertama manggung di area lobby JIExpo. Panggung outdoor-nya baru start ketika matahari udah mulai terbenam, sekitar 17.15 WIB. Cek aja deh jadwal kegiatan yang udah disiapin panitia biar percaya.

BUAT CEWEK

Pada dasarnya, kamu juga engga perlu pakai fashion item seperti anak cowok, girls. Cuma, ada beberapa tambahan perintilan yang bisa kamu tinggalin aja di rumah, misalnya seperti di bawah ini.

1. Rok pendek banget

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Tahan dulu ya, girls. Rok pendeknya jangan dipakai dulu biar kamu bisa bebas duduk, joget, dan jumpalitan menikmati festivalnya.

2. Heels/wedges tinggi

via wheretoget.it
(Sumber: wheretoget.it)

Ada 14 panggung yang bisa kamu puter-puterin sesuka hati. Jadi, pakai alas kaki yang nyaman aja. Pakai sendal boleh kok asal engga gampang copot. Kalo tetep keras kepala, jangan pakai wedges atau heels yang ketinggian, ya. Kasian kaki kamu bisa pegel.

3. Jumpsuit

via abcnews.com
(Sumber: abcnews.com)

Serius kamu pengen pakai jumpsuit, yang notabene bawahannya bukan rok ke festival musik? Jumpsuit emang bisa bikin kamu keliatan elegan sambil berdandan casual, tapi engga ribet nanti kalo ke toilet? Engga kasian sama yang udah gedor-gedor pintu toiletnya?

4. Perhiasan mahal

via tumblr.com
(Sumber: tumblr.com)

Tinggalin aja cincin, gelang, kalung, dan anting mahal andalan kamu di rumah. Simpen baik-baik biar bisa dipakai lagi waktu nongkrong di cafe atau mall. Hati-hati copot terus hilang loh kalo kamu maksain memakainya ke festival yang dihadiri ratusan ribu hingga jutaan orang ini.

5. Crop top

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Crop top engga Genmuda.com saranin karena udara malem pasti bakal dingin. Sah-sah aja sih memakainya asalkan bawa syal, jaket, atau vest yang sewaktu-waktu bisa kamu pakai. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response