Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Selain keluarga, biasanya teman adalah orang terdekat lainnya yang bisa kamu andelin di berbagai kesempatan. Namun engga semua fakta tentang hubungan pertemanan bakal sesuai sama harapan kamu loh.

Di setiap tahap kehidupan, kamu pada dasarnya bakal ketemu dengan sejumlah orang baru, yang sebagian di antaranya bakal benar-benar jadi teman kamu. Tapi, kalo dikerucutin, kamu sebenarnya cuma bisa punya 5 teman baik sekaligus di satu titik kehidupan kamu.

Yang lebih menariknya lagi, sering kali teman-teman kamu ternyata justru punya lebih banyak teman alias lebih populer daripada kamu. Bahkan, ada juga loh sebagian teman kamu yang malah engga balik nganggap kamu sebagai teman mereka (baca: semacam teman palsu gitu deh).

Namun demikian, selain beberapa fakta tersebut, masih ada lagi nih sejumlah fakta lainnya seputar pertemanan yang engga kalah menarik buat kamu simak baik-baik, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 di antaranya, yang dijamin bakal langsung bikin kamu garuk-garuk kepala:

1. Perbedaan bisa ngehancurin pertemanan

Kata orang, perbedaan bisa jadi salah satu kunci supaya kita bisa saling ngelengkapin satu sama lagi. Well, hal itu mungkin berlaku pada hubungan percintaan, tapi engga pada hubungan pertemanan. Menurut sebuah riset di Psychological Science, perbedaan bisa ngehancurin pertemanan, apalagi pertemanan yang dibina saat remaja (lebih tepatnya pas SMP). Contohnya adalah pertemanan di antara orang yang populer dan engga populer, siswa yang rajin dan yang malas, atau bahkan cowok dan cewek.

2. Kamu bakal kehilangan teman saat pacaran

Iya sih friendship is number one. Sayangnya, saat kamu udah terlibat dalam hubungan percintaan, sadar engga sadar kamu malah bakal kehilangan seengganya dua orang terdekat dari inner circle kamu. Hal tersebut udah diungkapin oleh antropolog Robin Dunbar lewat risetnya terkait pengaruh cinta terhadap hubungan pertemanan. Beliau nemuin bahwa cinta bakal ngurangin waktu kamu buat ketemu sama teman kamu dan berpotensi bikin pertemanan kamu memburuk.

3. Pertemanan lebih penting buat cewek

Hubungan pertemanan pada dasarnya memang penting buat semua orang, tapi khususnya buat para cewek. Pertemanan bisa berpengaruh pada kepribadian seorang cewek dan orang kayak apa doi di masa depan sekaligus ngebantu doi ngatasin stres. Sebaliknya bagi para cowok, riset nunjukin bahwa ikatan keluarga justru jauh lebih penting buat mereka.

4. Orang-orang engga mau berteman dengan cewek yang ‘engga benar’

Ini bisa dibilang merupakan fakta paling aneh dari 5 fakta pertemanan yang Genmuda.com bagiin. Menurut sebuah riset yang diterbitin di Journal of Social and Personal Relationships, cewek yang dianggap ‘murahan’ (dalam hal ini cewek yang udah tidur sama 20 pasangan seksual di awal usia 20-an) punya lebih sedikit teman daripada mereka yang engga dianggap demikian. Yang lebih parahnya lagi, hal yang sama ternyata engga berlaku buat para cowok yang dianggap ‘murahan’.

5. Berteman bikin panjang umur

Selain bisa memicu empati kamu, berteman juga bisa berdampak baik pada kesehatan kamu nih, Kawan Muda. Terlepas dari segala drama yang kamu alamin sama teman kamu, berteman sebenarnya bisa ngehalau serangan depresi dan bikin kamu panjang umur kalau hubungannya terjalin dengan kuat. So, baik-baikin teman kamu gih! He-he. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer