Kamis, 21 November 2019

Genmuda – Udah pada tau kan kalo Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri memperilakan cuti bersama 23-30 Juni? Nah, anjuran itu berlaku bukan buat pegawai negeri doang, tapi juga pegawai pemerintah dan swasta.

Berdasarkan keputusan Menaker, pegawai swasta yang libur selama jadwal cuti bersama bakal mengurangi jatah cuti tahunannya. Nah, mereka yang masih masuk kerja selama jadwal cuti bersama tuh bakal diupah seperti biasanya.

Emang ada yang karyawan yang masuk kerja di jadwal cuti bersama? Ya ada, lah. Bahkan pegawai pemerintah aja ada loh yang malah tugasnya makin berat. Gak percaya? Coba liat nih daftar-daftar profesinya.

1. Polisi

via: YouTube
(Sumber: YouTube)

Orang-orang pada pulang kampung bertemu keluarga tersayang, polisi-polisi harus bersedia ditempatkan jauh dari rumah untuk menjaga arus mudik. Tanggung jawabnya gede banget loh ini. Selain menjaga keamanan, mereka harus memastikan lalu-lintas mudik tetep lancar dari awal hingga akhir.

2. Tentara

Gak mungkin lah semua tentara libur ketika masa mudik. Lengah dikit aja, keamanan Indonesia bisa goyah. Gimana kalo semua TNI pada meninggalkan posnya ketika musim mudik. Indonesia bisa dijajah lagi kali, yak.

3. Petugas SPBU

via Istimewa
“Dimulai dari nol, ya?” Apanya, ka? Meterannya atau hubungan kita? #eaa. (Sumber: Istimewa)

Coba bayangin apabila petugas SPBU, mulai dari yang jaga pom hingga yang nganter bensin, pada cuti bersama. Gimana coba caranya pengendara motor dan mobil mau pulang kampung kalo gak bisa isi bahan bakar.

4. Petugas tol

Gak mungkin kan operator jalan tol ngeliburin semua pegawainya sehingga tol tutup selama musim mudik. Justru sebaliknya. Pekerjaan petugas fasilitas publik itu justru makin berat karena harus menanggulangi arus kendaraan yang meningkat drastis.

5. Pekerja medis

via KapanLagi.com
Indah Kusuma, anak jurusan kedokteran. (Sumber: KapanLagi.com)

Sepanjang sejarahnya, gak pernah ada tuh semua petugas medis libur di saat bersamaan. Beberapa orang pasti ada yang harus masuk di hari libur, terutama mereka yang piket di ruang gawat darurat.

6. Pemadam kebakaran

Petugas emergency macam pemadam kebakaran pun gak bakalan semuanya libur, lah. Kalo mendadak ada kasus parah gimana coba. Tetep harus ada petugas yang standby menjaga satu kawasan, kan.

7. Pegawai transportasi

via Genmuda.com
Kalo sopirnya secakep ini, gua rela dah duduk didepan. (Sumber: Istimewa)

Tanggung jawab masinis, nakhoda, pilot, pramugari, pramugara, sopir, dan pegawai transportasi malah makin membeludak saat musim mudik. Ya, dong. Jumlah penumpang kan meningkat drastis.

8. Pegawai perhotelan

Sebagian pegawai perhotelan dan akomodasi libur mungkin bisa menikmati mudik, tapi mayoritas sih tetep masuk. Seperti pegawai transportasi, mereka malah kerja shift ganda karena jumlah penginap meningkat drastis, baik itu di hotel melati atau berbintang.

9. Pegawai komunikasi

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kalo semua pegawai komunikasi libur, mungkin kamu gak bakalan bisa internetan, kirim sms, atau nelepon mengucap selamat Hari Raya.

10. Wartawan, penyiar, dan pekerja media

Kalo pekerja media libur, gimana caranya kamu mendapatkan gosip kabar teraktual, terhangat, dan terpenting tiap hari? Sebagian kantor media ada yang mengizinkan wartawannya gak masuk kantor sih, tapi tetap nyari berita seperti tugasnya. (Sumpah, ini bukan curhat).

11. LSM hewan

via Istimewa
Rekan-rekan LSM orangutan lagi menyelamatkan bayi orangutan di penangkaran. (Sumber: Istimewa)

Gak pernah terpikirkan kalo ada sebagian rekan-rekan LSM yang gak libur di musim mudik. Contohnya, LSM yang melindungi hewan-hewan liar tuh. Beberapa petugas mereka harus ada yang standby mengurus hewan mereka biar gak terlantar di penangkaran atau diburu sembarangan di alam liar.

12. Pegawai mal dan restoran

Sementara orang kantoran leha-leha, sebagian pegawai mal dan restoran tetep harus buka-tutup toko. Ada juga sih pemilik toko yang baik hati dan meliburkan semua kegiatannya selama cuti bersama.

13. Satpam

via egpindonesia.com
(Sumber: egpindonesia.com).

Kalau pusat perbelanjaan buka, pastilah satpam gak libur. Pas tokonya tutup sehari-hari aja satpam masih standby 24 jam, kok. Sama seperti satpam di perumahan yang malah makin sibuk di musim mudik.

14. Petugas masjid

Tugas petugas masjid jelang Hari Raya bertambah karena harus mengurus jalannya Shalat Ied. Belum lagi harus stand by mengadakan Tarawih yang gak mungkin diliburin meski jamaah udah pada ogah-ogahan dateng tiap malam.

15. Tukang parkir

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Baik parkir elektronik atau tradisional, sebagian petugas parkir harus menerima nasib gak bertemu keluarga di saat orang-orang menikmati cuti bersama.

Di antara profesi di atas, mana nih yang cita-cita kamu banget? Udah siap mengemban tanggung jawabnya? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.