Senin, 23 November 2020

Genmuda – Di akhir tahun 2015, ada baiknya kita melihat kembali ke belakang sejenak buat mengingat, apa aja sih yang udah kita laluin selama 12 bulan yang lalu. Banyak banget peristiwa-peristiwa bersejarah, fenomenal, dan mencuri perhatian publik di Indonesia selama tahun 2015. Kamu masih inget gak guys?

Setiap tahunnya, selalu ada kejadian dan peristiwa yang melekat banget di ingatan kita. Kalau kemarin Genmuda.com udah ngebahas 15 Peristiwa Gak Terlupakan yang Nyuri Perhatian Dunia di Tahun 2015, kali ini giliran yang ada di Indonesia. Dari mulai kasus cicak vs buaya jilid tiga, meninggalnya komedian Olga Syahputra, sampe kasus Mulan Jameela – Maia Ahmad – Deddy Corbuzier, ini dia 15 peristiwa paling fenomenal di Indonesia sepanjang tahun 2015.

  1. Cicak vs Buaya Jilid Tiga
(Sumber: harianjambi)

Awal tahun 2015, masyarakat dihebohkan dengan rangkaian perseteruan yang melibatkan KPK dan kepolisian (lagi), yang lalu disebut dengan kasus cicak vs buaya jilid tiga. Peristiwa ini dimulai pada 10 Januari 2015, setelah Presiden Joko Widodo memilih Komisaris Jendral Budi Gunawan sebagai calon Kapolri baru. Tiga hari setelahnya, tiba-tiba KPK menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus korupsi.

Sejak saat itu, perseteruan panjang bergulir antara KPK dan Polri. Serangan balasan bertubi-tubi dilancarkan kepada KPK, dari mulai penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh selusin pasukan bersenjata lengkap Bareskrim, pengaduan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja ke Bareskrim atas dugaan pemalsuan surat notaris, serta pengaduan wakil ketua KPK lainnya, Zulkarnaen ke kepolisian juga atas “kasus” yang berbeda. Belum cukup itu, giliran Ketua KPK Abraham Samad yang digoyang posisinya dengan ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan dokumen saat dirinya masih menjadi pengacara.

  1. Meninggalnya Olga Syahputra
(Sumber: Tempo)

Komedian Olga Syahputra meninggal dunia pada 27 Maret 2015 di rumah sakit Mounth Elizabeth Singapura. Selama satu tahun belakangan, Olga emang udah absen dari dunia entertainment Indonesia karena harus menjalani perawatan intensif. Kabarnya, Olga menderita penyakit radang otak (meningitis). Meninggalnya Olga membuat kaget masyarakat, bukan cuma rekan-rekannya aja, tapi juga para fans yang terus berdatangan memenuhi rumah duka, bahkan sampai jenazah Olga dimakamkan.

  1. Demam batu akik
(Sumber: dumaipost)

Sejak sekitar bulan Maret 2015 lalu, batu akik kembali digandrungi masyarakat Indonesia. Bahkan, demam batu akik di awal-awal tahun kemarin bener-bener heboh banget. Dari mulai anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu, tukang sayur, sampe pejabat, semua kena demam yang satu ini.

Harga batu akik juga langsung melonjak drastis. Makin unik pola batu cincinnya, makin mahal juga harga jualnya. Bahkan sampe bisa bernilai miliaran rupiah. Dimana-mana kita ngelihat banyak orang yang jualan batu akik, sampe perkumpulan pecinta batu akik. Tapi tren ini makin menurun di akhir tahun 2015, dan kayaknya batu akik udah gak bersinar secerah kemarin.

  1. Kisuh PSSI vs Kemenpora
(Sumber: kompas.com)

Kekisruhan antara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga jadi cerita yang panjang di tahun 2015 sampai sekarang. Awal mula konflik PSSI vs Kemenpora adalah setelah Pak Imam Nahrawi menerbitkan surat keputusan yang menyatakan tidak mengakui seluruh kegiatan keolahragaan PSSI pada 17 April lalu. Keputusan ini dibuat satu hari sebelum diselenggarakannya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang menetapkan La Nyalla Mattalitti sebagai Ketua Umum Periode 2015-2019. Namun, keabsahan La Nyalla diragukan karena Menpora juga menyatakan tak mengakui KLB PSSI.

Karena konflik ini, sepak bola Indonesia jadi koma sementara. sepak bola Indonesia koma sementara. Korban-korban mulai angkat suara, dari klub bubar, gaji pemain terbengkalai, sampe terancam kena sanksi dari FIFA.

  1. Kasus pembunuhan Angeline
(Sumber: asliindonesia.net)

Bulan Juni 2015, kepolisian akhirnya berhasil menemukan bocah perempuan asal Bali, Angeline (8 tahun), yang hilang sejak pertengahan bulan Mei. Angeline ditemukan dalam keadaan tewas dan dikubur di rumah ibu angkatnya, Margriet. Bocah malang tersebut dikubur di halaman dengan pakaian lengkap dan tangan memeluk boneka. Tubuhnya dililit seprei dan tali. Belakangan,ibu angkat Angeline ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan dengan dugaan motif perebutan harta.

  1. Dubsmash muncul

Di media sosial, ada fenomena baru yang terkenal dan ngehits banget di tahun 2015, yaitu dubsmash. Sebenernya aplikasi dubsmash udah diluncurin dari akhir tahun 2014, tapi di tahun inilah demam ini bener-bener “menerjang” netizen di Indonesia. Dari anak-anak sampe yang udah tua, dari lagu dangdut sampe lagu-lagunya Adele, semua bisa di dubsmash-in. Hasilnya? Coba liat aja di Instagram, semua ketagihan dubsmash.

  1. Gojek ngehits
Go-Jek (Sumber: Go-Jek)
Go-Jek (Sumber: Go-Jek)

Gojek didiriin oleh Nadiem Makarim pada tahun 2011, dan di tahun 2015, Gojek meroket jadi fenomena  besar (sekaligus mode transportasi baru yang diandalin masyarakat). Sekarang bukan cuma Gojek aja yang nawarin jasa transportasi ojek online, tapi juga banyak perusahaan-perusahaan baru lainnya yang gak jauh beda.

  1. Maraknya kasus begal
(Sumber: baratnews.com)

Tahun ini kita diresahkan sama maraknya kasus pembegalan. Dari awal tahun 2015, banyak banget berita-berita tentang kasus begal yang bikin kita takut buat pulang malem. Motif dan cara pelakunya pun macem-macem, dari mulai menodong, merebut paksa kendaraan yang kita pake, sampe berujung pada pembunuhan. Ngeri!

  1. Prostitusi online artis
Ilustrasi prostitusi (Sumber: cnnindonesia.com)
Ilustrasi prostitusi (Sumber: cnnindonesia.com)

Bulan Mei 2015, kepolisian menangkap seorang mucikari berinisial RA yang diduga ‘menjajakan’ para artis papan atas di Indonesia. Sejak kasus ini bergulir, udah banyak banget artis-artis yang diperiksa, sampe terakhir, kita liat diberita kalau Nikita Mirzani dan satu temannya ditangkap di sebuah hotel mewah (walaupun akhirnya dilepasin lagi karena dianggap sebagai korban).

  1. Kabut asap
(Sumber: dream.co.id)

Kabut asap selalu jadi fenomena buruk yang terjadi setiap tahun, termasuk juga di tahun 2015. Maraknya kasus penebangan dan pembakaran liar di hutan-hutan Sumatera dan Kalimantan bikin kabut asap gak pernah selesai. Bukan cuma ngerugiin lingkungan aja, tapi juga bikin masyarakat ikutan kena dampak buruknya.

  1. Selfie Pak Fadli Zon dan Pak Setya Novanto bareng Donald Trump
(Sumber: beritasatu.com)

Ketua DPR Pak Setya Novanto dan Wakil Ketuanya, Pak Fadli Zon bikin heboh publik setelah berfoto bareng sama calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Selfie asiknya ini dilakuin ketika mereka berdua melakukan kunjungan kerja bersama para pimpinan DPR lainnya ke Amerika, dan di tengah-tengah kampanye yang lagi dilakuin Donald Trump. Keduanya dianggap memalukan dan gak mencerminkan wakil rakyat yang harusnya bersikap gak memihak sama urusan politik bangsa lain.

  1. Tabrakan maut Lamborghini
(Sumber: detik.com)

Sebuah mobil sedan Lamborghini bernomor polisi B 2258 WM menabrak pedagang susu keliling di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya, Jawa Timur dan menewaskan satu orang pembeli. Kecelakaan yang terjadi  pada 29 November menurut saksi mata disebabkan si Lamborghini lagi balapan sama sebuah mobil Ferarri.

  1. #PapaMintaSaham + Sidang MKD Setya Novanto (lagi)
(Sumber: merdeka.com)

Pak Setya Novanto kayaknya jadi trending topic banget nih di tahun 2015. Gak lama setelah selfie bareng sama Donald Trump, kini Pak Setya Novanto dikabarkan minta saham dari PT. Freeport dengan mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Setelah melalui kisah kasih yang panjang banget sama Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas tuduhan pelanggaran etik, Pak Setya Novanto akhirnya memutuskan buat ngundurin diri dari jabatan Ketua DPR RI.

  1. Hepatitis massal di IPB
(Sumber: google)

Kasus hepatitis massal yang menyerang 27 mahasiswa IPB dan menewaskan satu orang ngebuat publik kaget di bulan November-Desember ini. Banyak rumor yang beredar kalau penyakit tersebut dikarenakan kondisi kantin di IPB yang gak higienis. Penyelidikan lebih lanjut masih dilakuin untuk mengetahui penyebab pasti dari kasus ini.

  1. Drama Mulan Jameela – Maia Estianty – Ahmad Dhani – Deddy Corbuzier – Baim Wong

Dan sebagai penutup 2015, kita disuguhin sama drama dari Mulan Jameela yang ngelakuin wawancara bareng Deddy Corbuzier buat minta maaf ke Maia Estianty tanpa diketahui Ahmad Dhani dan dibantu oleh Baim Wong. Panjang abis. Intinya, Mulan ngerasa Maia sampe sekarang belum maafin dirinya, dan karena udah gak tau harus gimana lagi, Mulan pun ‘terpaksa’ ngebuka ini ke publik. Tanggepan Maia? “Ngebuka luka lama” katanya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥