Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Di balik perjalanan mengejar ilmu pengetahuan, hidup anak muda tuh penuh banget sama drama dan hura-hura. Cita-cita pun seputar kerjaan menyenangkan (padahal engga) seperti jadi barista, selebgram, dan YouTuber.

Itu semua gak ada yang salah, karena hidup emang harus dinikmati, bukan dibawa pusing. Tapi, jangan lupa tingkatin kapasitas diri kamu masingjadi lebih baik buat menempuh hidup saat dewasa nanti.

Idealnya, sih, anak muda udah punya 15 kemampuan hidup di bawah ini sebelum menginjak usia 25 atau dengan kata lain saat kamu masuk usia untuk dituntut lebih dewasa dari sebelumnya. Yuk, langsung baca sampe kelar!

1. Berani ngejar

via giphy.com

Apa yang dikejar? Ya, apa aja dong. Mulai dari gebetan, peringkat satu di sekolah, hingga beasiswa ke luar negeri. Supaya apa? Tentu, supaya hidup kamu gak penuh penyesalan di masa depan.

2. Stabilin mental

Saat situasi mendadak jungkir balik seperti, gagal masuk PTN padahal kamu udah ikutan les privat, bahkan ngeluarin banyak materi dan waktu untuk belajar. Ngedrop boleh aja, tapi jangan kelamaan. Kalo sulit, gak ada salahnya cerita sama orang atau minta tolong ke psikiater beneran.

3. Bersyukur

via tenor.com

Serius. Bersyukur adalah kemampuan hidup yang sulit. Saat punya banyak rejeki, belajar deh supaya gak berlebihan ngerayainnya. Saat dapet musibah, coba belajar lihat hikmahnya.

4. Punya cita-cita

Let’s say, kamu akhirnya berhasil jadi YouTuber kondang di usia muda. Setelahnya apa? Masa gak ada lagi? Hidup kamu berhenti dan jalan di tempat aja gitu? Makanya, cita-cita tuh harus selalu ada. Satu tercapai, cari cita-cita baru yang tingkatannya lebih tinggi.

5. Jadi pendengar baik

via reactiongifs.com

Solusi dari mayoritas masalah kamu sebenernya bisa terselesaikan apabila semua orang bisa jadi pendengar yang baik dan gak maksain pendapatnya. Jadi, mulailah dari kamu.

6. Berpikir di dalam box…

Segala pendidikan formal yang kamu dapat di sekolah dan kampus jangan disia-siain gitu aja. Sebelum usia 25 tahun, pastiin kamu udah mampu manfaatin tiap ilmu yang dipelajari buat hidup kamu.

7. …Supaya bisa berpikir di luar box.

via meowgifs.com

Setlah paham cara kerja bidang kamu sesuai ilmunya, saatnya berpikir lebih kreatif alias thinking out of the box.

8. Jadi diri sendiri

Misalnya kamu gak suka pake choker, ngapain harus pake choker di saat aksesoris itu ngetren. Kalo kamu suka badminton, kenapa harus maksain main futsal atau basket? Saat kamu maksain diri jadi orang lain, saat itulah hidup kamu jadi lebih sulit.

9. Bikin keputusan dengan kepala dingin

via tumblr.com

Kemampuan ini sulit banget karena faktanya banyak orang dewasa yang masih bertindak berdasarkan emosi. Gak percaya? Lihat aja suasana jalanan Jakarta yang dipenuhi pengendara saling emosi berebut jalan. Hati kamu boleh panas, tapi seharusnya kepala tetap dingin.

10. Jangan menunda pekerjaan

Makin ditunda, rejeki kamu makin dipatok ayam. Makin dicuekin, makin tertinggal kamu dari temen-temen sebaya.

11. Belajar bilang enggak

via tenor.com

Kalau emang kamu gak mau lakuin sesuatu, beraniin diri bilang enggak.

12. Beradaptasi di tempat baru

Kemampuan ini penting banget saat kamu pindah sekolah, pindah kelas di kampus, pindah kerjaan, atau jalan-jalan ke tempat asing.

13. Belajar mengamati

via onedio.com

Minimal, kamu belajar mengamati situasi sehingga tau saat terbaik untuk mengucapkan sebuah kalimat.

14. Olahraga rutin

Keterangannya harus ditambahin jadi: olahraga rutin kapanpun di manapun. Bahkan saat kayaknya gak punya waktu keluar rumah pun harus tetep olahraga di dalam rumah. Itu semua demi hidup sehat.

15. Terus belajar

via giphy.com

Emangnya proses belajar berhenti setelah kamu raih gelar Sarjana, Magister, Doktor, atau Profesor? Enggak, gaes! Ilmu pengetahuan terus berkembang seiring perubahan yang terjadi di dunia.

Intinya, hidup itu jangan pantang nyerah, gaes. Semangat! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.