Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Lagu baru udah keluar, pasti kamu engga mau ketinggalan dengerin dan nungguin video klip terbarunya. Jadi engga heran kalo musisi yang ngeluarin new single selalu ngebuat video klipnya sebagus mungkin, dan bekerja sama dengan para sineas handal.

Demi mendapatkan hasil video yang maksimal para musisi pun harus total dalam video klip mereka. Bahkan engga sedikit dari netizen yang tertarik sama videonya ketimbang lagunya. Engga usah jauh-jauh, coba aja liat video PPAP yang booming di tahun 20016.

Sama kayak tahun-tahun sebelumnya, selain PPAP banyak banget video klip yang udah dirilis dan jadi viral, baik dari luar maupun dari dalam negeri. Tiap video klip punya ciri khas supaya bisa diingat sama penonton. Nah, Genmuda.com udah ngerangkum 14 video klip terbaik di tahun 2016 buat Kawan Muda. Kira-kira favorit kamu yang mana?

1. ‘PPAP Pen Pineapple Apple Pen’ – Piko Taro

Lagu yang dinyanyin sama musisi Jepang ini, cuma punya sedikit bait dalam lagunya, tapi lagu ini jadi viral sampai ke Indonesia. Piko Taro emang awalnya adalah komedian di Jepang, jadi wajar kalo lagu PPAP ini jadi ada sentuhan komedi di dalamnya. Walau jogetnya sederhana, namun PPAP justru banyak digandrungi bahkan ditiru banyak orang.

2. ‘Work From Home’ – Fifth Harmony feat Ty Dolla

Kelima cewek ini emang selalu nyuguhin lagu yang menarik, apa lagi dengan suara mereka yang selalau harmonis tiap bernyanyi. Siapa lagi kalo bukan Fifth Harmony. Video klip yang berdurasi 3.39 detik ini ngegambarin kelima personil Fifth Harmony di tengah-tengah pembangunan konstruksi. Jadi cocok banget deh buat ngegambarin isi lagu dari ‘Work From Home’. Bahkan viewers mereka udah mencapai 1 milyar lebih di Youtube.

3. ‘This Is What You Came For’ – Calvin Harris feat Rihanna

Lagu ini sempet rame karena di rilis setelah Calvin Harris setelah putus sama Taylor Swift. Ramenya lagi, ‘This Is What You Came For’ ditulis sama Taylor Swift, bahkan Swift menemukan melodinya lewat piano dan merekamnya. Pasca putus Harris menggaet Rihanna buat kolaborasi di lagu ini. Selain cerita tesebut, lagu ini juga punya ide kreatif dalam pembuatannya. Hasilnya sejak dirilis pada 16 Juni 2016 video ini menembus 1 milyar penonton di Youtube, sekaligus menjadi pencapaian terbaik Calvin Harris tahun ini.

4. ‘Light It Up’ – Major Lazer Feat Nyla & Fuse

Video klip yang berdurasi kurang dari tiga menit ini nampilin monster-monster lucu yang sebenernya abstrak. Tapi mereka punya warna yang menarik buat ditonton. Beda sama video klip lainnya yang selalu gunain penyanyi asli atau model. Video klip ini lebih mengusung animasi, tapi tetep bisa bikin Kawan Muda goyang ngikutin beat lagunya.

5. ‘Closer’ – The Chainsmokers ft. Halsey

The Chainsmokers sebenernya ngeluarin dua video buat lagu ini. Tapi di antara keduanya lebih banyak yang menyukai versi lyric-nya. Mungkin biar cepet hapal sama lagunya juga kali yaa. Video ini ngegambarin pasangan yang bahagia dalam setiap dating mereka. Gak lupa mereka selalu mengabadikan setiap momen mereka berdua. Latar belakang video klip ini selalu punya kesan romantis, tapi ada yang lucu di bagian akhir video klip. Ditampilan kalo mereka engga bisa berenti flirting padahal sutradara udah bilang cut.

6. ‘Monster’ – EXO

Video klip yang di luncurin pada 6 Juni 2016 ini punya arti di setiap adegannya. Jadi MV ‘Monster’ ngegambarin kalo EXO tuh berusahan melawan orang-orang yang mengancam mereka. Tapi si Baekhyun pergi dan jadi penghianat, cuman doi yang engga terluka dan berlumuran darah seperti member EXO yang lainnya. Pokoknya, dalam video klip ini Baekhyun menonjol banget deh.

7. ‘Cheer Up’ – Twice

Udah ditonton lebih dari 100 juta penonton dari tujuh bulan yang lalu, single Twice ini emang banyak di gandrungi sama K-Fans. Videonya nyeritain cewek yang lagi pedekate sama cowok. Tapi sayangnya sang cowok terlalu posesif sampe-sampe si cewek minta sedikit ruang agar pedekate mereka lebih asik. Sang cowok pun digambarin sebagai cowok berkepala kamera. Kamera itu digunain buat mengirim para member ke masa lalu mereka. Kreatif abis.

8. ‘Boombayah’ – Black Pink

Di hari yang sama Black Pink ngeluarin dua video klip sekaligus, yakni ‘Boombayah’ dan ‘Whistle’, setelah mereka vakum cukup lama di industri musik Korea Selatan. Engga heran kalo ‘Boombayah’ langsung digandrungi. YG Entertainment pun seneng ngeliat antusias K-Popers sama single terbaru Blackpink.

9. ‘Blood Sweat & Tears’ – BTS

Boyband asuhan Big Hit ini berhasil ngalahin EXO dalam penayangan video klip terbaru mereka yang berjudul ‘Boods Sweat & Tears’. Bahkan dalam video klip ini mereka nampilin adegan kissing yang jauh dari kesan video kip mereka sebelumnya. Banyak yang bilang style mereka di sini sangat berubah dan jauh lebih dewasa. Wajib kamu tonton girls.

10. ‘Kali Kedua’ – Raisa

Beda sama video klip sebelumnya, Raisa nampilin hal yang berbeda di video klip ‘Kali Kedua.’ Doi lebih memilih unsur black and white, supaya feel lagu ini makin dapet. Dalam video klip ini juga nampilin Nicholas Saputra sebagai modelnya. Video ini berhasil digarap dengan epik sama Davy Linggar dan pas banget sama tiap bait yang Raisa nyanyiin. Ntap!

11. ‘Pamit’ – Tulus

Engga jauh-jauh sama lirik lagunya, cowok berdarah minang ini selalu lebih suka bercerita di setiap video klipnya. Hal inilah yang ngebuat video ‘Pamit’ makin selaras sama ide lagunya Tulus. Kalo pun ada yang makin spesial pada lagu ini karena, ‘Pamit’ menjadi single pembuka untuk album ketiga Tulus.

12. Chandraliow ft. Devina Aurel, Eka Gustiwana – Gapapa Jelek yang Penting Sombong

2016 emang jadi tahunnya para Youtubers unjuk gigi, sampai-sampai engga sedikit jarang dari mereka ngeluarin single mereka sendiri. Video yang berdurasi 3 menit 25 detik ini berusaha kasih pesan positif, biarpun kata orang jelek, selama berhasil punya karya dan bukan ‘tong kosong’, sah-sah aja kalo mau sombong. Pokoknya memotivasi banget buat anak muda. Bahkan semua produksi, mulai dari shooting dan editing video dilakuin sama Chandraliow. Multi talent ya mas bro!

13. ‘Pelangi’ – HiVi!

Setelah kehilangan vokalis mereka, Dea, HiVi! langsung tancap gas ngeluarin video klip terbaru mereka, plus ngenalin Neida sebagai vokalis baru. Neida pun full nyanyi sendiri tanpa Ilham di lagu ini. Liriknya yang berbunyi, “Jangan datang lalu kau pergi,” seolah ngegambarin kalo salah satu dari mereka pergi dan ada tempat kosong. Neida pun hadir untuk mengisi tempat itu… Pokoknya banget deh.

14. ‘Mimpi’ – Isyana Sarasvati

Rilis pada akhir Mei 2016,  lagu yang disutradarai sama Candi Soelema ini mampu ngebangun lagu yang dinyanyiin Isyana. Mengambil lokasi di pantai Tanjung Aan, Lombok, seakan selaras sama keindahan lirik dan wajah Isyana. *loh. Intinya sih, video ini engga cuma ngejual lagunya, tapi juga keindahan alam Indonesia. (sds)

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela

Leave a Response