Senin, 24 Januari 2022

Genmuda – Berjabat tangan atau salaman udah jadi ucapan budaya sederhana yang ada di belahan dunia manapun. Setuju engga? Mau ketemu orang tua, temen, wawancara kerja sampe mergokin mantan sama cowok barunya, pasti kita minimal salaman. Habis itu nangis.

Selama berabad-abad, manusia udah punya cara komunikasi dan penyampaian perasaan yang berbeda-beda. Berpelukan, misalnya, bisa dilakuin buat anget-angetan ngurangin rasa sedih atau menumpahkan rasa bahagia kalo ketemu seseorang yang kita kangenin banget. Kecuali pelukan sama mantan. Sama halnya kayak berjabat tangan.

Ngintip dari pranaindonesia.com, dengan berjabat tangan itu bisa munculin sentuhan positif ke sistem saraf. Bahkan, orang Inggris dan Amerika punya budaya yang bersahabat sama hal yang satu ini. Selain itu, dengan berjabat tangan kita juga bisa tau loh karakteristik seseorang. Nih, Genmuda.com kasih 14 cara berjabat tangan yang umumnya dilakuin banyak orang di dunia.

 

1. Salaman Greget

Salaman yang satu ini paling ngeselin. Pernah kan kamu kayak gini? Ngaku aja! Jenis salaman greget ini biasanya dilakuin kalo lagi kesel sama orang, buat nunjukin kegigihan lo atau emang sengaja ngerjain temen. Usil people everywhere.

 

2. Salaman Kalo Baru Baikan

Jenis salaman ini biasanya terjadi kalo mantan sama pacar kamu berantem, terus kamu nengahin mereka berdua. “Plis jangan berantem, kalian berdua itu wanita penting di hidup aku”. Karena omongan cowoknya menghipnotis, yaudah akhirnya mereka baikan. Masih dalam posisi ngambek, mantan dan pacar kamu salaman cuma sekena-nya aja. Asal tangan ketemu, habis itu buang muka sekenceng-kencengnya.

 

3. Salaman ala Politisi (Handhug)

Jabat tangan ini biasanya dilakuin sama para politisi-politisi atau bos-bos besar kalo lagi rapat atau mau difoto. Salaman bos dikenal juga dengan sebutan handhug. Konon, bersalaman dengan kedua tangan bisa ngasih kesan kalo pelaku handhug adalah orang yang baik, bersahabat, jujur dan bisa dipercaya.

Nah, kalo kamu lagi ketauan selingkuh, handhug aja. Pasti langsung dipercaya. Buktinya para koruptor aja udah salah, masih kita percaya.

 

4. Salaman ala Petarung Romawi

Umumnya terjadi waktu jaman Romawi kuno nih, Kawan Muda. Jenis salaman ini melibatkan dua orang yang saling pegang pergelangan tangan satu sama lain, kaya gambar diatas. Dulunya nih, jenis salaman ini dilakuin biar kamu bisa sambil meriksa kondisi orang yang kamu salamin. Dia bawa senjata tersembunyi apa engga. Jantan abis.

 

5. Salaman Normal

Jenis salaman ini ya kayak yang biasa kamu lakuin di acara-acara formal lah. Kamu berjabat tangan sama orang yang ketemu atau baru kenal, terus saling ngeliat mata sambil ngomong kalimat basa-basi. “Wah, ibu Rudi apa kabar? Anak gadisnya lucu deh, kenalin sama anak saya yuk kasian dia jomblo””

 

6. Salaman Anak Urban

“Woy bro apa kabar lo?” sambil salaman, terus ngelakuin gerakan-gerakan yang cuma anak urban yang tau. Pokoknya udah kayak gerakan fusion sama senam SKJ deh.

 

7. Salaman Bro Abis (The Fist Bump)

“Yooooo wazzaaap Broooo” awalnya salaman terus pukul-pukulan. Jenis salaman ini terjadi kalo kamu ketemu temen deket kamu yang lagi pada nongkrong dan sebats dulu.

 

8. Salaman Freemason

Jenis salaman ini merupakan satu dari sekian banyak salaman yang terjadi di berbagai organisasi. Biasanya salamannya punya ciri atau khas masing-masing. Kalo yang satu ini, Freemason Handshake.

 

9. Salaman Berangkat Sekolah

Jenis salaman ini tuh yang paling sakral. Kalo kita ngelakuin salaman ini, ibaratnya kita minta ridho dan doa dari orang tua biar aktivitas yang kita jalanin bakal berjalan dengan lancar. Salaman ini juga menunjukan sikap berbakti kita pada orang yang kita hormati. #WiseModeON

 

10. Salaman Pulang Sekolah

Sama aja sih! Bedanya, tangan nyokap udah agak bau bawang dikit habis masak. Tapi engga apa-apa, biar berbakti dan berkah.

 

11. Salaman King

Shaman King 🙁 *maaf kalo garing

 

12. Salaman

SLEMAN WOY!!!

 

13. Salaman Malam

asd

 

14. Salaman Smack Down

Udah ya jangan serius-serius banget! Inget besok masih ngampus sama kerja, jadi silakan nyengir dan istirahatin otak Kawan Muda! He-he.

Share and Enjoy !

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis