Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Kisah cinta di film “The Fault in Our Stars” (2014), “The Notebook” (2004), juga “A Walk to Remember” (2002) berhasil bikin cewek beda generasi nangis. Akan tetapi, drama picisan seperti di film itu sama sekali gak mempan pada cowok. Bukannya sedih, mungkin malah  geli nontonnya.

Wait, wait, wait. Jangan anggap cowok sebagai makhluk pemain FIFA/PES yang hatinya sedingin bongkahan es di kutub utara sebelum global warming. Perasaan kaum Adam juga bisa tergetar, kok. Drama di film gak mesti cinta-cintaan dan harus diselipin di momen yang pas. Dengan begitu, bahkan film action juga bisa bikin mewek.

Kalo gak percaya, coba aja lo tonton 15 film ini. Mata cowok macho berkumis baplang, jenggot berewok, leher beton, otot kawat, dan tulang besi pun bisa dibikin berkaca-kaca. Genmuda.com saranin sih nontonnya sendirian biar gak malu saat air mata berlinang asteroid. (APAAN SIH).

1. “The Pursuit of Happyness” (2006)

Nasib sial nimpa Chris Gardner semasa muda. Mulai dari dagangan gak laku, tabungan habis karena dipotong pajak terlalu besar, hutang kepada negara, ditinggal istri pergi, ngurus anak usia 5 tahun sendirian, hingga diusir dari tempat tinggalnya. Air mata pasti mulai ngumpul ketika pertengahan film.

Di akhir, baru deh mata ini mengalir deras. Terutama, ketika dialog antara Chris dengan calon atasannya.

Calon atasan: “Pakai baju baru ya?”

Gardner: “Iya, nih. Diterima atau enggak untuk kerja di sini, saya merasa harus pakai baju terbaik pada meeting magang terakhir ini.”

Calon atasan: “Bajunya keren. Besok ke kantor pakai baju bagus lagi, ya.”

2. “Hachi” (2009) / “Hachi-ko Monogatari” (1987)

Genmuda.com saranin sih nonton yang versi Jepangnya yang tahun 1987, supaya terasa banget nuansa aslinya. Kalo gak mau, ya nonton versi Hollywood tahun 2009 juga cukup. Keduanya sama-sama nyeritain kisah seekor anjing ras Akita bersama majikannya, dari lahir hingga mereka meninggal.

Yang bikin sedih adalah, si majikan “dipanggil” lebih dulu daripada peliharaannya saat pergi naik kereta. Gak tau kalo majikannya wafat, Hachi nungguin terus majikannya di stasiun. Si anjing itu berdiri di tempat biasa nungguin majikannya selama bertahun-tahun, hingga akhirnya wafat di tempat yang sama. Filmnya udah sedih dari awal. DARI HACHI BARU LAHIR!

3. “The Green Mile” (1999)

Kehidupan Paul Edgecomb sebagai sipir penjara berubah total ketika dateng seorang narapidana bernama John Coffey yang dituduh sebagai kriminal tanpa bukti kuat. Meski badannya kekar berotot, Coffey sangat lugu malah cenderung kekanak-kanakan. Tapi, doi mampu berinteraksi dengan baik ke narapidana lain dan beberapa sipir.

Filmnya penuh hiburan dan ringan ditonton hingga akhirnya tiba saat-saat menyedihkan. Coffey harus dihukum mati dengan cara disetrum. Buat lo yang belum pernah nonton, bayangin rasanya patah hati saat diputusin pacar, terus perasaan itu dikali dua. Kayak gitu tuh sedihnya.

4. “The Martian” (2015)

Tahun 2035, seorang astronot bernama Matt Watney tanpa sengaja ketinggalan di Planet Mars sendirian sementara kru kapalnya sudah kembali ke Stasiun Antariksa Internasional. Bermodal makanan dan peralatan sisa yang jumlahnya super terbatas, Watney harus kembali ke bumi dengan cara apapun.

Berbagai kesialan menimpa tapi doi gak pernah nyerah. Sebenernya, adegan lawak di film ini jauh lebih banyak dari adegan dramanya. Akan tetapi, monolog dramatis Matt Watney di akhir film sungguh bikin penonton berkaca-kaca, campuran antara senang dan haru.

5. “The Truman Show” (1998)

Apa jadinya kalo kehidupan kamu sekarang ini merupakan sebuah kebohongan yang terskenario dan disutradarai seorang konglomerat mata duitan. Nyebelin, kan? Seperti itulah yang terjadi pada Truman Burbank. Kehidupan yang doi jalani sehari-hari dengan jujur ternyata jadi reality show terlaris di dunia.

Dari segi artistik, film ini banyak mengandung pesan yang intinya bilang kalo “jadi orang tuh jangan tukang ngibul.” Dan, adegan paling menyentuhnya muncul di akhir, ketika Truman berusaha sekuat tenaganya untuk kabur dari kepalsuan hidup selama ini.

6. “The Shawshank Redemption” (1994)

Film yang nyeritain tentang Andy Dufresne, lelaki yang dinarapidanakan karena salah tangkap ini punya banyak adegan yang bikin cowok sejantan apapun berlinang air mata. Misalnya, adegan bangun perpus, adegan berteman dengan sipir penjara, dan pastinya adegan kabur dari penjara.

Meski begitu, semua orang sepakat kalo adegan tersedih bisa diliat saat seorang narapidana bernama Brooks Hatlen dibebasin. Lo yang pada punya bromance pasti ngerasain banget deh kesedihannya.

7. “Forrest Gump” (1994)

Untuk film ini, pertanyaannya bukan “Adegan mana yang sedih?” Melainkan, Adegan mana yang GAK sedih? Sebut saja adegan gagal masuk sekolah karena kena kelainan bentuk kaki, adegan dibully, adegan perang, dan adegan bertemu dengan anak kandung di akhir film.

Di antara semua adegan bikin mewek itu, momen ketika Forrest Gump kecil berlari tanpa peduliin pincangnya yang paling emosional. Karena keajaiban (atau mungkin kepepet), Gump bisa berjalan normal seperti anak-anak seusianya.

8. “Shaolin” (2011)

Di tengah drama, intrik politik, dan adegan kungfu penuh kekerasan, film Shaolin nyeritain tentang seorang jenderal perang haus kekuasaan. Pada akhirnya, dia dikhianati hingga akhirnya gak punya apa-apa lagi. Dalam pertaubatannya, si jenderal ini perlu ngorbanin banyak hal dan tiap pengorbanannya itu yang mengundang haru.

9. “Men In Black III” (2012)

Adegan sci-fi mendebarkan dan kocak berserakan sepanjang film. Di akhir, penonton yang udah puas ngakak dan degdegan sepanjang film dibikin mewek berkat adegan heroik bokapnya Agent J ngorbanin diri.

10. “Saving Private Ryan” (1998)

Lo yang punya bromance pasti banget ngerasa sedih di film ini. Perang emang sebuah peristiwa paling gak manusia dan film “Saving Private Ryan” bisa menjelaskannya dengan detil. Lo bakal ngerasain yang namanya horor, iba, takut, dan sedih di adegan kematian salah seorang pasukannya Kapten Miller.

11. “Logan” (2012)

Cerita Logan/Wolverine yang gak lagi niat hidup karena kehilangan rekan-rekan sejawat X-Men akibat ketidaksengajaan sahabatnya sendiri udah pasti bikin mata berkaca-kaca dari awal film. Pada adegan-adegan drama yang diselipin di antara action, air mata pasti netes.

Kemudian, matanya banjir di akhir film ketika Logan bilang “So, this is what it’s like,” yang bisa berarti dua hal. Yaitu, “Seperti inilah rasanya sekarat.” Atau, “Seperti inilah rasanya mencintai orang dengan tulus.”

12. “I am Legend” (2007)

Buat lo yang udah pernah nonton film zombie super horor ini, akui aja deh kalo adegan Robert Neville harus ngebunuh anjing kesayangannya tuh bikin sedih. Dah, gak usah malu, deh. Semua orang di bioskop juga mewek, kok ketika adegan itu.

13. “Armageddon” (1998)

Adegan Harry Stamper pergi ke asteroid ninggalin anaknya, Grace tuh sedih. Adegan AJ Frost ngelamar Grace juga sedih. Paling mewek sih ketika Harry ngorbanin diri untuk ngancurin asteroid yang mau memporak-porandakan bumi supaya AJ Frost dan Grace bisa naik pelaminan. Pengorbanan bokap emang gak ada tandingan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.