Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Kawan Muda yang lagi cari kerja atau tempat magang pasti udah punya rencana sedemikian rupa biar kamu lolos tahap interview dengan lancar. Tapi modal CV dan pengalaman bagus ternyata masih belum cukup menarik perusahaan buat hire kamu.

Kali ini Genmuda.com bakal kasih 12 tips sederhana buat kamu supaya makin siap saat diwawancarai oleh pihak HRD atau petinggi perusahaan inceran kamu berdasarkan pengalaman staff HRD di Genmuda.com. Cekidot!

1. Kuasai dan pahami apa yang kamu tulis di CV

Ini salah satu alasan kenapa kamu haram buat nyontek CV orang. Karena bagaimanapun semua data yang tertulis dalam CV kamu harus kamu pertanggung jawabkan.

“Kadang banyak orang yang suka beda ngejelasin apa yang mereka tulis dalam CV dengan pengalaman yang dia kerjain sebenernya. Tentunya ini bisa jadi plus minus buat calon pelamar.” kata staff HRD

2. Tau sedikit profile perusahaan yang kamu lamar

 

“Gak harus tau detil sih, tapi dengan tau sedikit seenggaknya kita (pihak HRD) bisa nilai kalo lo punya ketertarikan buat kerja di sini.”

Jangan sampe kamu gak punya modal cukup saat diinterview. Pertanyaan yang paling standar banget pasti bakal ditanya, “Apa yang kamu tau soal kantor X dan bla..bla..bla…”.

Sebaiknya sebelum kamu dateng interview cari tau dulu deh profil dari perusahaannya kayak gimana, bergerak di bidang apa, dan apa yang bikin kamu layark bergabung di sana.

3. Waspada sama jejak digital

Jejak digital bisa mengancam karir seseorang. Gak percaya? Coba aja belajar dari kasus sutradara James Gunn yang dipecat Disney dan Marvel gara-gara pernah ngetwiit becanda soal kasus fedofilia dan pencabulan.

Skenario yang sama bisa aja terjadi kalo kamu pernah nge-posting hal-hal aneh dalam media sosial di masa lalu. Kalo ngerasa bersih silakan aja terbuka, tapi kalo ngerasa ‘pernah’ sebaiknya mulai periksa lagi, hapus, dan kalo perlu jadiin private. –itu kalo emang udah susah banget dikontrol ya.

4. Cari tau alamat perusahaan

Tips ini juga jangan dianggap enteng. Smartphone kamu pasti ada dong fitur Google Maps dan sejenisnya. Dengan tau lokasi wawancara seenggaknya kamu bakal lebih siap dan gak diburu-buru.

“Datang 30-45 menit lebih awal sangat baik buat calon pelamar menyiapkan segala sesuatu yang mereka butuhin. Mereka juga gak diburu-buru dan lebih siap saat wawancara. Lagian lebih baik menunggu 1 jam daripada telat 1 menit.”

5. Pastikan perangkat kamu mendukung, kalo pengen wawancara secara online

FYI, di Genmuda.com cara ini juga sering dilakukan, terutama saat mencari anak magang atau kontributor luar Jakarta. Selain perlu perangkat dan sinyal kuota yang bagus, pastiin juga pakaian dan lokasi ruangan kamu saat diinterview cukup pencahayaan.

Jangan kamu pikir dengan wawancara online kamu bisa seenaknya. Kan mau gimana pun juga kamu sedang ngelakuin kegiatan formal, bukan lagi LDRan sama pacar. Gitu.

6. Cari tau posisi yang kamu inginkan

“Kadang-kadang ada juga anak magang yang ngelamar di posisi yang gak mereka tau seperti apa jobdesknya. Yang kayak gini biasanya susah buat kami lolosin, meski kebutuhan di-divisi tersebut mendesak.”

So, kalo kamu emang serius pengen dapet posisi di perusahaan inceran kamu penting syaratnya untuk tau jobdesk pekerjaannya kayak gimana. At least kalo ada yang kurang sreg atau gak kamu ketahui bisa langsung ditanyain pas wawancara.

7. Siapin pertanyaan yang bersangkutan

Masih berlanjut dari tips nomor 6, saat kamu udah tau betul jobdesk posisi yang kamu inginkan seperti apa sekarang saatnya buat nyiapin pertanyaan yang berkaitan dengan posisi tersebut. Saat dikasih kesempatan buat bertanya langsung deh tanya sebanyak mungkin.

“Gak ada aturan baku harus banyak bertanya saat interview, selama masing-masing belum dapat informasi yang dibutuhkan, silakan aja bertanya.”

8. Jangan salah kostum

 

Saat ngelamar pekerjaan biasanya bakalan ada profil pakaian yang umum digunakan saat beraktivitas. Bisa itu gaya casual dengan polo-shirt atau celana jeans, ada juga formal dengan kemeja lengan panjang dan celana bahan.

Baca juga: 15 Hal yang Harus Kamu Negosiasikan Selain Gaji saat Interview 

Tips ini bakalan berguna banget buat yang ngelamar di posisi yang bakal berhubungan dengan jasa atau klien, kayak sales, account executive, event promotion, public relations, dan masih banyak lagi.

9. Latihan tanya jawab dengan orang lain

Tips ini boleh dicoba barengan temen atau kakak/adik kamu di rumah. Bikin aja sejumlah pertanyaannya umum yang sekiranya bakal ditanyain pihak HRD ke kamu. Percaya deh, tips ini berguna biar kamu gak kebanyakan “erhh… ehh… mhhh…” doang saat diinterview.

10. Siapin jawaban paling sulit

Anggaplah kamu ditanya apa yang jadi kelemahan dan kelebihan kamu. Otomatis kamu harus nyiapin jawaban dari pertanyaan tersebut. Dengan demikian kamu juga bisa menghemat waktu buat mikir dan mengantisipasi skip saat ditanya.

11. Pilih portfolio terbaik dan terbaru

Kadang ada aja calon pelamar yang ngasih contoh portfolio asal-asalan atau yang udah 5 tahun yang lalu. Padahal guna portfolio itu kan buat ngeyakinin HRD terkait perkerjaan atau karya terakhir yang udah kamu kerjaain. Jangan cuma status medsos aja yang update, portfolio juga ya.

12. Lampirkan penghargaan yang pernah kamu dapetin

Jangan ngerasa minder, kalo kamu gak nyantumin penghargaan yang pernah kamu dapetin gimana bisa jadi nilai lebih di mata HRD? Gak usah kepanjangan, jika diminta cukup jelasin secara ringkas dan padat.

“Gak perlu semua penghargaan, minimal yang ada kaitan sama posisi yang dilamar. Ceritain proses kamu mendapatkan award tersebut.”

Jadi gitu aja gengs tips yang dikasih sama staf HRD di Genmuda.com. Kalo masih kurang kamu coba aja tips-tips wawancara kerja sebelumnya. Tetep semangat dan semoga beruntung ya! (sds)

Comments

comments