Jum'at, 25 Mei 2018
StudentKampus

10 Tipe Senior yang Bakalan Kamu Temui di Kantor

Genmuda.com/2016 GabbyMira Soetjipto, Human Resources Director Microsoft Indonesia, Atimas Nurahmad, Technical Account Manager Microsoft Indonesia, dan Pravina Halim, Business Planning Manager Microsoft Indonesia di acara #MakeWhatsNext di kantor Microsoft Indonesia, Kamis (21/4) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Sebelum dijalanin, dunia kerja adalah misteri besar bagi anak-anak kampus. Sama kayak dunia kampus bagi anak-anak SMA. Setelah dijalani, baru persamaannya dan perbedaannya terasa.

Sama kayak di SMA dan kampus, ada banyak tipe senior di dunia kerja. Tapi, lebih banyak lagi tipe bos yang bakalan kamu temui. Buat bantu kamu beradaptasi sama dunia setelah lulus, yuk kenali tipe-tipenya di bawah ini.

1. Si asik

via rd.com
(Sumber: rd.co)

Dia hadir di kantor buat bantu kamu. Dia ngobrol murni karena ingin ngobrol dan berkenalan, bukan mau pereus atau ‘ada udang di balik batu’. Saat mentraktir, itu murni karena dia pengen have fun sama satu tim. Dialah si asik, bos yang gampang akrab sama kolega dan karyawannya.

2. Si orangtua

via Brit + Co
(Sumber: Istimewa)

Ada juga atasan yang udah tua (atau berjiwa tua) sehingga kehadirannya di kantor ibarat orangtua (emak atau bapaknya) anak-anak. Sifatnya mengayomi dan mendengarkan keluhan, lalu ngasih kata-kata bijak supaya pada semangat kerja dan hasilin keuntungan buat bersama.

3. Si mentor

meme guru
(Sumber: dudesdigest.com)

Pendidikan adalah hal utama bagi si mentor. Maka, dia pastiin semua karyawan divisinya memperoleh skill yang sama. Kalo perlu, dia turun tangan langsung untuk transfer pengalaman dan ilmunya. Beruntung kalo kamu ketemu atasan kayak gini.

4. Si tumbal

via: Youtube

Ibarat main catur, si tumbal ini benteng buat anggota tim yang mau diomelin klien. Kadang, sifat heroik dan pelindungnya dimanfaatin kolega sehingga doi selalu jadi kambing hitam atas segala problem di kantor. Meski gitu, dia tetep tegar.

5. Si penurut

via entrepreneur.com

 

Ada juga atasan yang menganut paham junioritas. Jabatan formalnya lebih tinggi, tapi kastanya terasa lebih rendah dari karyawan. Anggota timnya minta apa juga dia turutin. Bahkan, dia sampe rela diomelin anggota timnya. Misalnya kamu ketemu atasan kayak gini, jangan manfaatin dia, ya. Kasian.

6. Si mimpi buruk

via standard.co.uk
(Sumber: standard.co.uk)

Entah karena dia galak, ngomongnya gak jelas, sulit fokus, atau karena alasan lain, dia selalu dihindari anggota timnya. Kehadirannya ibarat mimpi buruk yang merusak suasana kerja.

7. Si hilang

via giphy.com

Dia antara ada dan tiada. Namanya terdaftar sebagai kepala divisi something di daftar pegawai namun wujudnya invisible. Dia gak ada di ruangan, di toilet, di kantin, di parkiran, juga gak ada di kantor klien atau tempat manapun yang bisa ditebak selama berbulan-bulan.

8. Si micromanager

via LinkedIn
(Sumber: LinkedIn)

Sesungguhnya, tipe atasan kayak gini yang amit-amit. Dia terlalu fokus mengurus remeh-temeh dalam mencapai tujuan kantor, sampai-sampai perbedaan kecil mengenai cara ngerjain sesuatu jadi masalah besar. Padahal, toh tujuan perusahaan tetep tercapai.

9. Si tukang modus

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Berhubung kebutuhan biologis manusia gak pernah berubah dari zaman batu sampai zaman online, tukang modus pasti ada di mana-mana. Di kantor pun si tukang modus bakalan tebar jaring berusaha menjerat anak-anak baru yang usianya jauh lebih muda dari doi.

10. Si yang punya perusahaan

via lynda.com
(Sumber: lynda.com)

Jenis atasan terakhir kastanya paling tinggi di kantor. Dialah pemilik perusahaannya. Kasarnya, dia satu  tingkat lebih rendah dari nabi karena keinginannya terhadap perusahaan harus diikuti. Bahkan atasan kamu pun gak ada apa-apanya dari dia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.