Kamis, 26 November 2020

Genmuda – Hari gini siapa sih dari Kawan Muda yang engga pake aplikasi transportasi online. (Seenggaknya sekali deh) Sejalan dengan perkembangan jaman milenium, transportasi berbasis aplikasi smartphone emang lagi nge-hype setahun belakangan sampe sekarang.

Dari hingar bingar transportasi online ini, Ada engga dari Kawan Muda yang perhatiin tipe-tipe pengemudinya? Engga ada? Yaudah, biar Genmuda.com aja yang amatin dan kelompokin tipe-tipe mereka biar bisa ngisi waktu luang kamu kayak sekarang.

Pada dasarnya kami engga membaginya berdasarkan brand atau jenis armadanya. Mau yang roda dua atau rota empat semuanya pasti masuk dalam 10 kategori yang bakal kami jelasin. GPL (baca: GAK PAKE LAMA) langsung aja sikat gaes!

1. Tipe ramah

Ramah emang jadi nilai jual transportasi online. Selain udah jadi SOP perusahan serta tuntutan profesi, cara ini terbukti ampuh buat memangkas waktu perjalanan menjadi terasa singkat. Selama konsumen happy pastinya sah-sah aja dong. PS: “Jangan lupa bintangnya di isi lima ya mbak/mas!”

2. Tipe kepo

Level kedua dari ramah kadang jatohnya kepo. Namanya juga orang Indonesia, ramah udah jadi stereotipenya. Berawal dari basa-basi hingga berlanjut ke privasi. Selama keponya masih wajar ya bisa aja kamu ladenin. Tapi kalo udah sampe nanya ukuran sepatu pacar kamu, mendingan abaikan atau jadi silent passengers.

3. Tipe ‘BID and RUN’

Sebagai penumpang teladan kita seharusnya bersabar ketika mencari moda transportasi online. Saat inilah kita jadi cemas seraya ngelus dada, “Ada engga ya yang mau ngangkut gue.” Saat ada driver yang udah rebutan mau jemput kamu itulah yang disebut Nge-Bid. TAPI, ada kalanya si driver nolak pesanan kamu karena banyak alasan dan pergi nge-bid pesanan yang lain. (Kita tuh engga suka diginian bang!) *drama

4. Tipe curhat

Namanya manusia pasti engga luput dari yang namanya khilaf. Sama halnya dengan pengemudi transportasi online. Awalnya sih basa-basi, terus curhat keseharian doi, sampe masalah honor yang makin disunat sama perusahan. Kalo kamu antusias sih boleh aja dikorek-korek buat nambah wawasan. Tapi kalo engga suka ya silakan didengerin aja, toh banyak juga orang suka jadi pendengar yang baik.

5. Tipe side job

Selain jadi tren, profesi pengemudi angkutan online itu emang jadi sampingan yang menjanjikan di luar perkerjaan utama. Dan tipe pengemudi kayak gini biasanya lebih rapih dan on time. Mereka biasanya cari penumpang setelah atau sebelum masuk kantor. Selain itu, biasanya tipe ini lebih ‘picky’ rute penumpang yang searah dengan kemauan si pengemudi.

6. Tipe buta arah

Kamu engga tau jalan dan si pengemudi juga engga apal jalan. Itu namanya kurang beruntung. Kalo udah ngalamin hal kayak gini, kelar udah! Solusi paling bijak adalah cari pengemudi lain atau tanya penduduk sekitar. Udah gitu aja.

7. Tipe kucing-kucingan

Ada tipe kayak gini! Maksudnya, kamu janjian dijemput di mana tapi si driver malah pergi ke mana. Setelah diliat di peta, si abang malah berada 2 kilometer dari lokasi kamu. Nahloh! Kalo udah kayak gitu mendingan biar doi yang nyamperin posisi kamu sekarang. JUAL MAHAL DIKIT DONG!

8. Tipe kejar target

Ada plus minusnya ketemu tipe kayak gini. Positifnya mungkin kamu bisa dengan cepat sampe tujuan. Minusnya, kadang kamu harus melewati halang rintang kendaraan dengan kecepatan di atas rata-rata. *Jangan lupa pegangan ya!

9. Tipe sotoy

(Sorry to say) Tapi ada juga pengemudi yang terkesan ‘sok tau’ dari penumpangnya. Misalnya kamu tau jalan tikus, tapi si sopir malah lebih percaya insting mereka, akhirnya nyasar. Kalo udah ketemu tipe kayak gini kasih aja bintang satu, daripada kamu nambah KZL. *sedih

10. Tipe tanggap situasi dan kondisi

Inget ‘Global Warming’! Cuaca jadinya susah diprediksi kayak hati gebetan. Namun pengemudi satu ini layak diacungi jempol. Mereka memprioritaskan kebutuhan konsumen. Yang roda dua sedia jas hujan dan yang roda empat sedia payung biar penumpang engga keujanan. Kalo ketemu tipe kayak gini pastinya kamu juga ikutan nyaman dong.

Gimana? Setuju sama tipe yang dikasih Genmuda.com?Masih kurang? Kawan Muda tambahin aja di kolom komentar ya. Namanya juga kemajuan teknologi, suka engga suka cukup nikmati dan ambil postifnya aja ya. Selamat beraktivitas!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.