Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Pengalaman Risa Saraswati melihat dan berkomunikasi dengan berbagai makhluk gaib di sekitarnya tercurahkan di berbagai buku. Salah satu buku yang fenomenal, “Danur” bahkan sampai difilmkan tahun ini.

Penampakan makhluk dimensi lain emang selalu jadi pengalaman mistis yang menarik diceritain, –biarpun menyeramkan waktu dialami. Di bawah inilah ada beberapa ritual yang sering dilakukan orang ketika pengen bertemu hantu. Kalo Kawan Muda penasaran silakan aja dicoba.

1. Berkunjung ke tempat angker

via Istimewa
Ini Chernobyl. Kota angker yang ditinggalkan warganya setelah kebocoran reaktor nuklir, 1986. (Sumber: Istimewa)

Walau hantu tersebar merata di semua tempat (bahkan di belakang pundak kamu), ada beberapa lokasi yang sering jadi tempat kemunculannya berdasarkan laporan berbagai saksi. Di Indonesia, contoh tempat yang paling tenar adalah Lawang Sewu Semarang, Terowongan Casablanka Jakarta, atau RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

2. Melihat lewat selangkangan sendiri

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo hantu di tempat angkernya masih belum keliatan juga, coba deh membungkukkan badan dan ngeliat ke belakang lewat selangkangan sendiri. Ada yang bilang, teknik itu berhasil memperlihatkan hantu-hantu yang ada di sekitar.

3. Mengoles kelopak mata dengan tanah kuburan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Beberapa masyarakat Indonesia percaya, hantu bisa dilihat setelah mengoleskan tanah kuburan ke kelopak mata. Katanya, medium yang menutup jasad orang meninggal itu bisa menarik minat para hantu hingga akhirnya muncul tepat di depan mata. Berani coba?

4. Cukur alis lalu tidur di atas keset depan rumah

via novel.id
(Sumber: novel.id)

Setelah terlelap pulas di keset depan rumah, orang yang lagi melakukan ritual ini konon akan dibangunkan oleh sesosok anak kecil botak. Tuyul itu mengira yang tidur di keset adalah temannya karena sama-sama tidak memiliki alis.

5. Menyisir rambut tengah malam

via giphy.com

Cobalah melakukan cara ini di depan cermin selepas tengah malam, ketika sebagian besar orang terlelap dan cuma kamu yang tersisa. Jangan kaget kalo tiba-tiba ada yang nongol di ujung cermin, terdengar suara bisikan, atau malah kamu hilang kesadaran karena kesurupan.

6. Melihat mata sendiri lekat-lekat tengah malam

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Atau, bisa juga dengan mematikan lampu kamar hingga penerangan remang cuma berasal dari lampu luar atau lampu kaki. Mendekatlah ke cermin hingga keliatan mata sendiri dan perhatikan kedua bola mata itu dalam-dalam. Entah kenapa, perasaan horor bakal bangkit dan sosok-sosok menyeramkan bisa muncul.

7. Tidur tanpa busana

via istimewa
(Sumber: istimewa)

Dengan tidur tanpa busana, beberapa masyarakat Indonesia ada yang percaya kalau hantu di sekitarnya bisa terlihat jelas. Sosoknya bisa terlihat hingga ke dalam mimpi dan masih keliatan lebih detil setelah bangun dari tidur.

8. Bambu gila

via topindonesiaholidays.com
(Sumber: topindonesiaholidays.com)

Sebatang bambu dipegang ramai-ramai oleh beberapa orang. Seorang dukun lalu memberi mantra setelah semua pesertanya siap. Lama-lama, bambu akan terasa berat karena diisi atau diduduki makhluk halus hingga para peserta tumbang berjatuhan.Musik-musik perkusi biasanya mengiri ritual sekaligus kebudayaan Maluku itu. Kalo “beruntung,” mungkin penunggu bambunya akan mengikuti terus.

9. Main jelangkung

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalau engga punya dukun yang mengerti mantra, coba aja “undang” para hantu datang melalui jelangkung? Mantranya ada banyak, sebanyak bahasa dan kebudayaan masyarakat Indonesia. Tapi, frasa yang engga mungkin beda artinya adalah “datang tak dijemput, pulang tak diantar.” Di Jepang, permainan ini mirip dengan ouija atau hitori kakurenbo.

10. Membuka mata batin

via thepressroom.gr
(Sumber: thepressroom.gr)

Cara terakhir untuk melihat hantu adalah dengan membuka mata batin, seperti halnya Risa Saraswati. Bedanya, mata batin Risa udah terbuka sejak dia kecil. Ketika dewasa, dia udah terbiasa melihat berbagai sosok menyeramkan di sekitarnya. Kalo kamu tiba-tiba pengen buka mata batin setelah punya ketakutan sama hantu, siap-siap aja tersiksa sendiri. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.