Rabu, 20 Januari 2021

Genmuda – Indonesia punya sang jenius Wage Rudolf Soepratman sementara Amerika Serikat punya Francis Scott Key. Dua tahun setelah Perang 1812 antara AS dengan Inggris, Key bikin puisi empat stanza. yang stanza pertamanya kemudian jadi lagu nasional AS, “Star Spangled Banner.”

Meski tinggi akan nilai patriotik, lagu itu termasuk susah dibawain karena lirik dengan nada yang terbilang gak lazim pada masanya. Sampai sekarang pun, fakta itu belum berubah. Lagu yang baru resmi jadi lagu nasional pada 1931 itu sering salah dibawain oleh penyanyi dan artis ternama sekalipun.

Fergie fail saat bawain “Star Spangled Banner”

Chance the Rapper, Joel Embiid, dan Draymond Green yang merupakan seleb AS cuma bisa miris sambil menahan tawa saat Fergie berusaha nyanyiin lagu nasional itu dalam nada nge-blues (atau nge-jazz? Gak tau. Suaranya fals juga).

Euforia pertandingan NBA All Star Game 18 Februari itu pun luluh lantak karena aksi Fergie. Fergie bukan satu-satunya. Sepanjang sejarah, banyak juga pihak yang gatot alias gagal total bawain “Star Spangled Banner.” Ini misalnya.

1. Steven Tyler (2001 dan 2012)

Steven Tyler tahun 2001 berusaha bawain lagu nasional itu dengan ciri khas doi sebagai vokalis band rock Aerosmith. Hasilnya, boro-boro bagus. Dibilang jelek aja udah untung lantaran doi nyanyi kayak orang ngamuk.

2. Michael Bolton (2003)

Michael Bolton gak salah nada saat bawain lagu nasional tapi lupa lirik. Saat buka pertandingan baseball Red Sox vs Yankees 2003, doi ngintip contekan di tangannya yang mengundang ejekan penonton.

3. Scott Stapp (2005)

Penyanyi rock lain yang fail saat nyanyi lagu nasional adalah Scott Stapp vokalis band Creed dan Art of Anarchy. Pada pembukaan pertandingan NASCAR Ford 400, 2005, penampilannya kayak orang sakit tenggorokan.

4. R Kelly (2005)

Pada sebuah pertandingan tinju di AS, R Kelly berusaha bawin lagu nasional yang terbilang sakral bagi warga AS itu dengan aransemsn soul. Nadanya gak ada yang miss sama sekali. Tapi, lagu yang dinyanyiin jadi bukan “Star Spangled Banner” sama sekali.

5. Aaron Neville, Aretha Franklin, dan Dr John (2006)

Pianis Dr John dan penyanyi soul kenamaan Aaron Neville bawain lagunya bareng legenda aliran soul, Aretha Franklin. Siapa sangka nada dasar yang dibawain lagu itu terlalu rendah buat Aaron Neville sehingga penampilannya fail.

6. Kat DeLuna (2008)

Penyanyi pop asal Republik Dominika ini berusaha sekuat tenaga menggapai nada-nada tinggi “Star Spangled Banner.” Namun, gagal. Giliran harus menggapai nada rendah, gagal juga. Nadanya malah ketinggian. Udah gitu, doi agak lupa-lupa liriknya.

7. Keri Hilson (2010)

Keri Hilson pun menyanyikan “Star Spangled Banner” dengan gemilang di pembukaan pertandingan NBA Lakers vs Hawks, 2010. Namun sayang, doi juga lupa lirik kayak Michael Bolton.

8. Josh Groban dan Flea (2010)

Meski berteman akrab di dunia nyata, Josh Groban yang suaranya pop-opera gak bakalan bisa menyatu sama Flea si basis band funk Red Hot Chili Peppers. Maka, penampilan “Star Spangled Banner” mereka tahun 2010 kacau beliau.

9. Christina Aguilera (2011)

Bahkan seorang diva bersuara tinggi macam Christina Aguilera pun gak luput dari fail. Ketika bawain lagu itu di pembukaan NFL Superbowl 2011, Aguilera semacam lupa lirik antara bait keempat dengan bait kedua.

10. Dierks Bentley

Penyanyi musik Country, aliran musik yang AS banget, juga gak bisa hadirkan kekhusyukan dan patriotisme dari lagu “Star Spangled Banner” saat buka kejuaraan hoki Stanley Cup 2017. Kalo kata penonton, doi macam orang mabuk yang lagi nyanyi di bar.

Untuk paham kenapa contoh di atas dibilang fail, Kawan Muda harus dengerin aransemen manis “Star Spangled Banner” oleh Lady Gaga pada pertandingan NFL Super Bowl 50, 2016.

Atau, dari film “The Dark Knight” (2008)

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.