Kamis, 22 Oktober 2020

Genmuda – Indonesia. Negara tercinta kita ini memang menyimpan banyak cerita dan sumber daya alam yang melimpah. Kekayaan sumber daya alam ini pun diolah oleh berbagai sumber daya manusia yang lahir, tumbuh, dan tinggal di Indonesia. Terlalu filosofis ya?

Oke, terlepas dari itu semua Indonesia memang dikenal sebagai negeri yang berbudaya. Budaya ini pun sepenuhnya melekat pada pribadi masyarakat Indonesia. Tapi nih, daripada Kawan Muda makin pusing apa maksudnya, Genmuda.com bakalan ajak kamu kasih lihat 10 Hal yang pokoknya Indonesia banget. Cekidot!

1. Menang dipuji, kalah di-bully

Dalam konteks kompetisi di bidang apa pun, ada aja kan situasi seperti ini. Engga usah jauh-jauh deh, saat kamu nonton pertandingan sepakbola aja. Saat tim kesayangan kamu menang, pujian bakalan diberikan setinggi-tingginya. Tapi kalo kalah langsung deh cibiran engga henti-hentinya dilontarkan. Kalau kamu ngalamin hal kayak gini, mungkin kamu orang yang belum bisa berlapang dada.

2. Ngeluh macet, tapi selalu datang pas injury time

Solusi kemacetan yang dipikirin sama Pemerintah cuma jadi bualan setiap tahunnya, kalo hal seperti ini masih aja terjadi di Indonesia. Karena dirasa jaraknya dekat banyak orang yang akhirnya menyepelekan waktu dan memilih berangkat jelang menit-menit akhir jam masuk sekolah, kampus, atau kantor. Seperti kata orang bijak aja gaes, “Lebih baik menunggu satu jam, daripada telat satu menit. *dipotong gaji pula.” He-he.

3. Selalu engga sabaran beli sesuatu yang belum dirilis resmi

Gadget baru belum dirilis resmi di Indonesia ternyata distribusinya udah banyak. Kalo ditanya kenapa bisa ada kejadian kayak gini, semuanya karena ada permintaan dan rasa engga sabaran. Padahal kalo mau lebih sabar, biasanya selalu dapat keuntungan lebih. Tapi namanya udah engga sabaran, mana bisa tahan?

4. Belum ngerasain naik angkutan umum kalau belum pernah ‘dioper’ atau ‘ngetem’ yang bikin emosi

(Sumber: Jabar Pojok Satu)

Di belahan kota di Indonesia, yang namanya angkot selalu punya aturan sendiri. Jalanan macet atau supirnya mendadak mau pulang kamu bisa aja disuruh mendadak pindah. Belum lagi ‘ngetem’ angkot bisa bikin kamu waktu kamu terbuang begitu aja. Jadi mau gimana pun selalu ingat aja, “Angkot selalu benar kalo di jalanan.”

5. Badan engga enak dikit, langsung dikira masuk angin

(Sumber: Albertsons)

“Aduh badan gue meriang sama pegel-pegel nih bro, kenapa ya?”

Jawaban standartnya sih kayak gini, “Wah, masuk angin kalo lo!” Padahal sih ungkapan masuk angin engga ada dalam kamus kedokteran.

6. Males antre, giliran diselak malah ngedumel

Ibarat bercermin pada wajah sendiri aja, kalo kamu lagi antre di kasir pasti sebel dong ya kalo diselak orang. Nah, jangan sampe mental Generasi Muda kayak kamu seperti ini ya.

7. Teh jadi minuman favorit kalo lagi makan di luar

(Sumber: Istimewa)

Karena lidah orang Indonesia engga pernah bohong, setiap makan di restoran sampe warung nasi pinggir jalan, minuman standart yang dicari adalah teh. Bisa teh tawar, teh manis, teh tarik, teh hijau atau teteh manis yang setia melayani pilihan menu di warung nasi. *Canda

8. Selalu punya ungkapan dan istilah baru yang kekinian

(Sumber: Genmuda.com/2016 Liki)

Dari eranya lupita alias lupa, sampe baper alias bawa perasan. Orang indonesia selalu kreatif menyingkat istilah-istilah baru. Meski ada juga sih sebagian yang engga dimengerti banyak orang.

9. Buang sampah sembarang jadi hal yang biasa aja

Kalo ditanya personal mungkin kamu bisa kasih argumen “Gue udah buang sampah pada tempatnya kok.” Tapi kalo kamu mendadak liat orang buang sampah sembarang apa komentar kamu? Berani buat tegurnya secara langsung engga?

10. Ada yang berasa kurang, kalo belanja engga nawar

Sebenarnya ini jadi salah satu sisi positif dari proses negosiasi. Namanya makhluk sosial, perlu dong bernegosisasi. Di Indonesia sendiri rasanya kurang afdol kalo belanja engga ditawar. Meski bedanya cuma seribu lama waktu menawarnya bisa setengah jam lebih.

Well, dari hal-hal di atas semoga aja Kawan Muda bisa mengambil sisi positifnya dan mengubah kebiasaan negatifnya. Ngomong-ngomong kamu udah pernah belum ngalamin itu semua?

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.