Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Setelah pusing dan stres sama Ujian Nasional, sekarang saatnya kamu pusing-pusing sama soal SBMPTN macem Tes Kemampuan Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum). Belum lagi kalo kamu mesti ikut tes keterampilan dasar, buat yang ambil jurusan seni dan olahraga.

Karena tesnya tanggal 16 Mei alias beberapa hari lagi, otomatis kamu mesti persiapin segala halnya, mulai dari materi, sampe kondisi tubuh kamu. Jangan sampe ketika kamu udah siap buat tes, eh kondisi kamu gak fit dan jadi gak konsentrasi ngerjainnya. Salah satu tes yang dianggap sulit adalah tes TPA, karena emang banyak banget jenis tes ini. Belum siap buat tes TPA? Ikutin tips dan kiat-kiatnya di bawah ini ya!

1. Banyakin latihan

Practice makes perfect. Kamu mesti banyak latihan buat ngerjain soal TPA karena yang kamu hadapi nanti bukan satu jenis soal aja, tapi banyak jenis yang juga punya tingkat kesulitan yang beda-beda. Senggaknya, kamu persiapin dari satu bulan sebelum tes, atau setelah masa UN selesai.

Makin kamu banyak latihan, kamu makin bisa menguasai jenis soal yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga bisa latihan buat mengatur waktu ketika ngerjain tes TPA ini, karena soalnya banyak banget, dan waktu yang disediain cuma “cukup” buat menyelesaikan semuanya.

2. Gak usah ngapalin rumus

via: Tenor

Meskipun ada soal matematika di dalam tes TPA, gak berarti kamu mesti hapalin rumus-rumus matematika yang ngejelimet. Yang kamu butuhin cuma paham konsep dan pake logika kamu dalam ngerjain tes logika matematika. Balik lagi, sering-sering latihan biar kebiasa sama soal kayak gitu.

3. Sehat lahir dan batin!

via: Tumblr

Ini sebenernya yang paling penting! Karena tanpa kondisi badan yang fit, kamu gak bisa ngerjain soal-soal tersebut. Jangankan yang soal yang susah, soal yang gampang aja pasti bakal susah kamu kerjain kalo kesehatan kamu gak mumpuni. Jadi, jangan lupa jaga kesehatan ya!

4. Screening dan hitung alokasi waktu

via: Pop Sugar

Sebelum ngerjain tes TPA, pastiin kamu udah liat semua soal yang akan kamu hadapi. Gak usah dibaca satu per satu, tapi screening dan skimming aja. Senggaknya kamu tau soal-soal apa aja yang mau kamu kerjain. Abis itu, liat jumlah soal dan jumlah waktu yang dikasih. Terus hitung berapa alokasi waktu per soal.

Misalkan per soal, kamu punya waktu 30 detik, jadi kamu mesti kerjain masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik aja. Sisa 5 detik ini penting buat ngerjain soal-soal yang kelewat atau kamu masih ragu-ragu ngejawabnya. Kalo dalam waktu 25 detik, gak bisa jawab, lewatin aja. Pokoknya lewatin aja.

5. Mesti nabung waktu

Selain mesti paham dan hitung alokasi pengerjaan soal tersebut, kamu juga mesti nabung waktu. Maksudnya apa ya nabung waktu? Jadi gini, tadi kan setelah diitung alokasinya, kamu butuh waktu 30 detik buat jawab 1 soal, nah ternyata dalam 1 soal kamu butuh waktu selama 23 detik. Ini artinya, kamu bisa nabung waktu selama 7 detik.

Dari 7 detik inilah jika digabung sama waktu sisa yang lain maka kamu bisa gunakan di sisa injury time. Karena kamu pasti akan sangat butuh waktu buat mengulangi soal yang kelewat, soal yang masih ragu-ragu jawabannya, dan juga buat meneliti ulang lembar jawaban, apakan arsiran pensilnya udah hitam sempurna.

6. Jangan pusing sama soal susah

©Genmuda.com/2016

Saat nemuin soal susah atau gak tau gimana cara ngerjainnya, lewat aja ya! Pusing-pusingan sama satu soal cuma bikin kamu buang-buang waktu dan jadinya malah gak nyelesain yang lain gengs. Pusing dan gak tau gimana cara ngerjainnya cuma bikin kamu kesel sendiri dan jadinya stres. Selain banyak makan waktu, ngerjain soal yang susah juga nguras energi otak. Jadi, skip aja ya!

7. Jangan sok penasaran sama soal tertentu

via: Metro.co.uk

Sebenernya ini beda tipis sama yang poin nomor 6. Kalo kamu gak bisa ngerjain soal yang belum pernah kamu kerjain sbeelumnya, ya lewat aja. Jangan gedein rasa penasaran kamu yang malah menjebak kamu di soal itu doang. Rasa penasaran sama salah satu soal cuma bikin kamu gak konsen sama soal yang lain, dan jadinya waktu yang udah kamu atur jadi berantakan.

8. Jangan pilih kasih sama soal tertentu

Semua soal yang kamu kerjain itu punya bobot nilai yang sama. Meskipun susah banget, soal itu tetep punya nilai yang sama dengan soal yang biasa aja. Makanya, jangan pilih kasih sama beberapa soal yang kamu anggap spesial ya.

9. Tenangin diri, banyak ibadah

Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak punya hubungan erat antara satu dan lainnya. Kalo kondisi psikis tenang, maka otak kamu lagi ada di gelombang tertentu dan sangat kondusif buat berpikir secara optimal. Jadi persiapkan mental dan psikis kamu sebaik mungkin, dengan memperbanyak ibadah dan berdoa. Kalo kita sungguh-sungguh, Tuhan pasti bantu kok!

10. Udah maksimal berusaha? Berdoa

Sebelum dan sesudah ngerjain tes, kamu mesti berdoa dulu demi kelancaran tes kamu. Habis berdoa, yang mesti kamu lakukan adalah berserah diri sama hasil yang nanti kamu diterima. Kalo hasilnya mengecewakan, sabar, lapang dada, dan terima aja… mungkin belum rejeki aja. Stay positive! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.