Jum'at, 7 Oktober 2022

Genmuda – Hore akhirnya dateng juga masa-masa ngekost. Rasanya seperti ngeliat kebebasan setelah lebih kurang 17 tahun tinggal dan ‘dikungkung’ peraturan-peraturan orang tua yang terasa nonsense. Kemungkinan besar lo pun udah nyiapin segudang skenario buat menikmati momen-momen ini.

Setelah beberapa minggu ngerasain kehidupan anak kost, akhirnya lo berubah pikiran. Kenyataan berkata lain. Jadi anak kos ternyata penuh penderitaan (najis, lebay). I feel you, man. Dan, berikut inilah penderitaan yang biasa kamu rasakan ketika ngekos.

1. Bayar kosan

Padahal duit itu kan emang dikasih orangtua buat dipakai bayar kosan. Entah mengapa lo tiba-tiba jadi posesif buat ngeluarin itu duit. Bapak/Ibu kosan yang nagih bayaran karena duitnya lo tahan-tahan seminggu pun lo betein. Bayar kali coy!

2. Pulang malem terus dikunciin ibu/bapak kosan

Engga bisa dipungkiri lagi kalo kegiatan non-akademis di kampus tuh banyak banget dan menyita waktu hingga malam. Kadang ada aja mahasiswa yang sok sibuk (kayak lo gitu) suka lupa minta izin sama bapak/ibu kos buat pulang malem. Hasilnya pintu kosan dikunci dan lo engga bisa masuk. Mau nginep di kosan temen, tapi engga ada yang bisa dihubungi lagi. Terpaksa deh nyari mesjid buat nginep.

3. Telat kuliah pagi

Udah, engga usah mengelak. Lo engga pernah bangun sendiri kan waktu tinggal sama orang tua. Biasa dibangunin pagi-pagi kan lo? Ya wajar aja lo gagal ikut kuliah pagi mulu. Kebiasaan bangun siang sih. Tapi tenang aja lama-lama juga lo kebiasa. Kebiasa telat maksudnya, bukan bangun pagi.

4. Ngantri kamar mandi seabad

Angga: “Dut. Buruan di kamar mandinya. Gua telat nih.”

Gendut: …. Hening

Angga: “Dut! Buruan elah. Kebelet banget nih gua.”

Gendut: …. Masih hening juga

Angga: “Buruan dut. Tega bener sama gue!”

30 menit kemudian

Gendut: “Tuh udah tuh”

Angga: “Basi dosen gue udah pulang!” *KZL

5. Duit buat nyuci baju malah kepake nongkrong

Kehidupan kampus emang menggiurkan banget dan bisa bikin orang demen nongkrong. Sayangnya duit buat ngelondri tumpukan baju seminggu kecampur sama duit jajan. Keseringan duitnya terpakai semua. Terus lo ide buat nyuci sendiri. Sayangnya pengalaman nyuci baju lo yang masih cemen. Baju cucian lo malah tetep kotor ditambah bau apek.

6. Niat belajar buat ujian tapi temen malah konser di kosan

Udah engga asing lagi kalo anak-anak kosan sering begadang gegitaran sampai pagi. Padahal mah besok masuk minggu-minggu ujian tapi temen kosan lo malah genjrang-genjreng engga kenal waktu. Fix kelar deh hidup lo!

7. Engga ada temen curhat

Ada masa ketika temen-temen lo pulang malem-malem banget, sementara kegiatan kampus lo lagi kosong. Bete udah pasti. Tapi, makin engga enak kalo lo lagi galau. Mau chatting sama temen juga engga ada yang bales. Akhirnya lo cuma bisa melipir sendiri di bawah shower kamar mandi. *drama banget

8. Tidur tumpuk-tumpukan

Kadang ada pula masa dimana temen-temen mendadak nginep di kosan lo. Entah itu karena pengen ngerjain tugas, nonton bola, atau karena pengen naik gunung besoknya. Ketika itulah, lo dan temen-temen lo harus tidur nyempil-nyempil di kamar kosan yang sempit.

9. Ngumpetin sandal/sepatu

Modus. Sepatu siapa lagi yang perlu lo sembunyiin, kalo bukan sepatu cewek lo. Ngaku aja deh. Lo pernah ngajak cewek lo ke kosan atau minimal kepikiran buat ngajak cewek ke kosan kan? Terus begitu cewek lo masuk kamar, lo panik dan ngumpetin sepatunya. Rasain. lagian kenapa mainnya engga di kosan cewek lo aja sih? (LOH!)

10. Engga bisa punya barang sendiri

Kalo lo ngekos sekamar sama temen, udah pasti lo engga bisa punya barang-barang privasi. Temen lo kemungkinan besar pernah minjem laptop, charger hp, tas, kaos, sampe parfum lo. Bahkan cewek yang lo bawa ke kosan pun bisa ditikung. Tetep aware ya.

Menurut lo, pengalaman nyebelin apa lagi yang biasa dirasain anak cowok yang ngekos? Tulis aja comment lo di bawah.

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response