Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Bekal hidup itu banyak bentuknya, kamu bisa bilang ilmu, bisa bilang amal sholeh, bisa juga uang. Tapi apakah itu semua menjamin sukses engganya kamu di masa depan? Kalau kamu ngerasa hidup kamu sulit, ada yang lebih sulit dari posisi kamu sekarang. Sebaliknya, kalau kamu ngerasa berlebihan, ada yang lebih dari kamu. Ibarat makan mie goreng, satu porsi kurang, dua porsi kebanyakan.

Saking banyak bentuknya, banyak orang yang akhirnya mencoba sukses versi mereka. Tapi kali ini Genmuda.com bakalan kasih kamu 10 hal dalam hidup yang engga bakalan kamu dapat di sekolah apapun. Ya, singkatnya ini seperti pelajaran hidup yang alamiah kamu harus tahu dan ikuti! Berikut ulasannya.

 

  1. Memaafkan
(Sumber: WordPress)

Buat sebagian orang memaafkan sesuatu bisa jadi perkara mudah atau sebaliknya. Meski di tiap pelajaran PPKN kita diajarkan cara lapang dada, tenggang rasa, sampai menghilangkan rasa yang pernah ada (Cieleh), tetap aja dibutuhkan kesabaran dan pengetian. Nah, kamu sudah bisa belajar memaafkan belum? Engga usah buat mantan dulu deh, buat diri kamu sendiri udah dimaafin belum?

  1. Negosiasi
(Sumber: Business Insider)

Engga semua mata pelajaran yang melakukan hal ini secara praktik, kecuali emang kamu seller online shop. Tapi negosiasi engga melulu bahas soal materi ya. Kamu bisa melakukan negosiasi dalam hubungan profesional, negosiasi dalam mengambil keputusau, atau negosiasi kepada boss di kantor biar pulang cepat atau gaji ditambah? Who knows kan?

  1. Self-defense
(Sumber: Fullgob)

Membela diri sendiri itu hampir engga terpikirkan oleh banyak anak muda. Padahal membela diri sendiri penting buat menjaga kesiapan mental dan fisik kamu dari berbagai tekanan di sekolah, kantor, atau keluarga. Belum lagi rentannya tindakan kejahatan. Kalau masih belum bisa membela negara, bela diri sendiri aja dulu, atau Bella Sofie? *Duh…

  1. Menilai Diri Sendiri
(Sumber: 7-Themes.com)

Engga jadi masalah kalau kamu jadi pelacur (pelampiasan curhat) teman-teman kamu. Tapi apakah kamu menyediakan tempat untuk curhatan diri kamu sendiri? Menilai orang lain mungkin engga butuh waktu lama, tapi apakah kamu sudah menilai diri kamu dengan benar dan ngertiin banget kamu? Kalau belum maka jangan terlalu sesumbar kamu adalah orang yang bisa menjadi besar dan sukses dalam hidup.

  1. Sosialisasi dan Networking
(Sumber: Amazonaws)

Semua sepakat manusia adalah makhluk sosial, jadi buat yang jomblo pasti bakal dapat pasangan (meski gak tahu kapan). Tapi nih, sosialisasi adalah hal yang perlu kamu lakukan buat menjadi sukses. Membangung networking turut berperan dalam kesuksesan kamu. Perlu diingat juga, interaksi sosial di sini engga cuma eksis di medsos aja ya.

  1. Berani Hadapi Kenyataan
(Sumber: Taylor Herring)

Mungkin kamu pernah ngerasa, “Hidup gue engga adil?”. Tenang, itu hal yang wajar kok. Namun demikian dengan menghadapi kenyataan hidup entah itu mau manis, pahit, atau asem, life must go on! Dengan menghadapi pait-nya kehidupan, kamu akan ditempa menjadi orang yang kuat, bahagia, dan bisa lebih mensyukuri hidup.

  1. Belajar dari Kesalahan
(Sumber: Learning Minds)

“Pengalaman adalah guru yang paling berharga.” Benar engga tuh? Belajar dari pengalaman dan kesalahan yang telah dibuat menjadikan kita lebih antisipatif dan kuat. Kita berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan akan mengubah diri kamu lebih kuat dan sukses di masa depan. Amin!

  1. Kesehatan Mental
(Sumber: Expertbeacon)

Harus kita akui kalau sekolah/universitas di Indonesia hanya punya satu pintu (Guru BP/Dosen Wali) bagi para siswa/mahasiswanya untuk berkonsultasi tentang apa yang mereka rasakan. Padahal di usia seperti ini kesehatan mental harus banget dijaga loh. Kenapa? Ya, supaya kamu engga depresi atau jadu baperan. Jadi silakan ungkapin unek-unek di kepala kamu, biar engga stress dan cepat tua.

  1. Asah Soft Skill
(Sumber: Engineers Journal)

Jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang) emang engga baik. Terlalu fokus pada nilai akademis juga engga jadi jaminan orang bisa sukses cepat. Makanya kamu wajib asah soft skill lainnya, ikutin UKM yang emang menyalurkan minat kamu. Dengan kemampuan hard skill dan soft skill yang terus kamu asah pastinya bakalan menyeimbangkan point plus dan mental menjadi sukses.

  1. Uang Bukan Segalanya
(Sumber: Belimitless)

Percaya! Uang bisa habis dengan cepat, tapi dari 9 bekal di atas mungkin kamu sudah cukup tahu kalau uang bisa dicari lagi. Peting juga kamu ingat, kekayaan dan kebahagiaan adalah hal yang berbeda. Karena kebahagiaan sukses kamu engga bisa dinilai dari ukuran materi yang kamu punya. Engga percaya? Coba tanya orang terdekat kamu, apakah kamu sudah sukses atau engga buat mereka?


Pada akhirnya sukses versi tiap orang emang beda-beda satu sama lain, persis seperti cara kita nentuin makan mie goreng single atau double. Tapi menjadi sukses emang jadi tujuan hidup yang banyak orang inginkan, jadi teruslah belajar dalam hidup dan jangan lupa bahagia. Expect the unexpected guys!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.