Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Rambut pompadour dan comb-over engga bisa diungkiri lagi jadi tren populer tahun 2016, –selain gaya man-bun. Berhubung model terbarunya terus bermunculan hingga akhir tahun, gaya yang termasuk rumpun undercut itu kemungkinan tetep tren di tahun depan.

Sisi samping dan belakang dibikin pendek hampir plontos, sementara atasnya dibiarin panjang adalah ciri-ciri rumpun undercut. Awal populernya, rambut yang panjang disisir rapih dengan pommade baik itu ke samping atau ke belakang.

Rumus necis itu mulai berubah waktu beberapa seleb manjangin rambut atas dan mengikatnya hingga lahirlah gaya manbun. Di akhir tahun, barber shop mulai motong rambut undercut dan nyampurin gaya itu sama gaya lain. Di bawah ini adalah 10 jenisnya:

1. Short hair undercut

via menshairstyletrends
Short hair undercut. (Sumber: menshairstyletrends)

Bukannya biarin panjang, rambut bagian atas kepala justru dipotong pendek. Model itu mirip banget gaya rambut ‘cepak ABRI’ yang bakal ngasih military looks hanya aja rambut atasnya dibiarin berantakan atau disisir ke depan.

Lo bisa simpen dulu celana chinos juga kemeja necis ke lemari paling dalem karena rambut gaya itu bakalan masuk banget sama flanel, jaket kulit, atau kaos oblong. Seandainya lo brewokan, tampilan lo bakal keren abis.

2. Quiff

via genmuda.com
Ala-ala Quiff. (Sumber: Istimewa)

Kalo males ganti fashion, gaya quiff, alias undercut berantakan ke atas mungkin bakalan cocok. Jangan pakai kebanyakan pommade karena kesan berantakan natural ala quiff bakalan ilang lantaran rambut lo mengkilap.

Perlu diinget, gaya quiff cuma bisa dibuat dengan panjang rambut atas sedeng-sedeng aja. Kalo kependekan nanti jadi short hair undercut sementara kepanjangan malah jadi mahican ala idol Korea.

3. Korean Mahican

via genmuda.com
Korean Mahican. (Sumber: Istimewa)

Nama Mahican diambil dari suku asli Benua Amerika yang kepalanya botak di samping, gondrong di tengah. Fashion designer Korea Selatan terinspirasi gaya rambut itu dan menghasilkan Korean Mahican (ada yang nulis Mohican juga).

Gaya ini bakalan cocok banget sama lo yang wajahnya oriental. Selain itu, bakalan masuk juga sama gaya lo yang agak bad ass. Tapi inget, ya. Pommadenya jangan kebanyakan karena rambut lo jadi mirip Professor Snape.

4. Spiky undercut

via menshairstyletrends.com
(Sumber: menshairstyletrends.com)

Rambut spike yang populer banget tahun 2000-an juga bisa dikombinasiin sama gaya undercut. Biar engga ribet dan boros pommade, rambut bagian atasnya dipotong sedeng aja. Mau pakai poti juga boleh-boleh aja.

Rambut spike kayanya masih masuk sama chinos tapi atasannya bakal lebih kece kalo pakai polo shirt atau turtle neck biar agak geeky-geeky kekinian.

5. Natural flow undercut

via menshairstyletrends.com
Natural flow undercut. (Sumber: menshairstyletrends.com)

Gaya-gaya di atas juga bisa lo terapin tanpa perlu pakai pommade buat menghasilkan gaya baru, yaitu natural flow undercut. Seperti namanya, rambut lo cuma perlu dipotong under cut dan bagian atasnya engga usah banyak lo gaya-gayain.

Kesan rebel model rambut berantakan ini bakalan cocok banget dikombinasi sama kaos oblong dan celana jeans belel. Terkesan agak 90an emang, tapi kalo gaya rambutnya baru kan jadi gaya baru juga, sob.

6. Modern Viking

via genmuda.com
Modern day viking. (Sumber: istimewa)

Seperti namanya, gaya rambut ini terinspirasi dari model rambut suku Viking dari Eropa Utara. lo harus berani bener-bener botakin rambut samping dan belakang, engga cuma di tipisin.

Rambut atas yang panjang bisa disisir ke samping atau dibediriin sedikit. Kalo mau diiket, iket kuncir kuda aja. Jangan diuntel-untel karena bisa berubah jadi manbun yang sekarang udah terlalu pasaran.

7. Modern Oseledet

via pinterest.com
Modern Oseledet. (Sumber: Pinterest)

Di abad pertengahan, Oseledet adalah gaya rambut pasukan berkuda Cossack Ukraina. Seperti halnya rambut Viking, rambut bagian atas dibiarin panjang sementara yang samping dan belakangnya dibotakin.

Buat ngebedainnya, rambut Oseledet biasa dibiarin menjuntai kedepan. Kalo mau kekinian dan engga ganggu pengelihatan, rambutnya disisir aja ke belakang.

8. Long hair

via mens-hairstylists.com
(Sumber: mens-hairstylists.com)

Rambut gondrong pun bakalan punya ruang lagi tahun depan. Bedanya, rambut atas dan samping perlu lo kuncir kuda supaya kekinian. Kalo diperhatiin, jadi mirip sama rambutnya Legolas di film ‘Lord of The Ring’.

Di dunia nyata, model rambut macam itu udah dipakai warga Nordik di dataran eropa di abad pertengahan. Gaya yang macho banget ini bakalan pas kalo lo pakai baju-baju casual, sob.

9. Flat top

via menshairstyletrends.com
(Sumber: menshairstyletrends.com)

Rambut flat top cuma bisa diterapin di rambut kribo. Gaya itu sempet populer di tahun 90an gara-gara karakter Fresh Prince yang diperanin Will Smith. Engga ada bedanya antara flat top tahun itu dan tahun ini.

Yang bikin orang flat top keliatan modern cuma dari cara berpakaiannya aja. Supaya ketara gaulnya, mungkin jogger pants/jeans dan jaket bomber bakalan cocok banget dikombinasiin sama rambut ini.

10. Modern oblique bangs

via selingkaran.com
(Sumber: selingkaran.com)

Lo tau rambut poni ala cowok-cowok idol Korea? Nah, itu lah rambut oblique bangs beberapa tahun lalu. Berhubung tahun ini potongan under cut lagi ngetren, engga ada salahnya lo kombinasiin kedua gaya itu.

Di antara 10 gaya di atas, model apa yang bakalan jadi gaya rambut lo tahun depan? Tulis pendapat lo di bawah ini, dong. Kalo lo mau nambahin modelnya juga engga apa-apa. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.