Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Dari tahun ke tahun, film yang tayang di libur akhir tahun engga banyak berubah, gaes. Kawan Muda pastinya udah sering nonton atau mungkin malah apal jalan ceritanya.  Uniknya, berbagai stasiun televisi di sekitar 20-25 Desember selalu promosiin film-film liburan tersebut sebagai film Natal. Padahal engga semuanya mengisahkan kehidupan di saat hari besar umat Kristiani tersebut.

Malah, ada loh film-film yang sama sekali engga ngomongin apapun soal agama, ada juga yang isinya malah soal perang. Di bawah ini adalah beberapa film yang sering muncul dan dibilang film Natal, tapi aslinya bukan. Kamu pasti familiar deh!

1. Rise of the Guardians

Film ini sering dibilang film Natal karena ada sosok Santa Clause, yang dipanggil North hampir sepanjang adegan. Tapi, ceritanya sama sekali bukan tentang Natal. Santa Clause hanyalah salah satu dari roh penjaga sekaligus pemeran pembantu seperti halnya Sandman (penjaga tidur), Tooth Fairy (penjaga gigi susu), dan Bunny (penjaga paskah). ‘Rise of the Guardians’ adalah film yang fokus sama upaya roh musim dingin, Jack Frost, untuk mengubah citranya dari pembawa bencana jadi pembawa kesenangan sekaligus diterima di kalangan roh penjaga.

2. Film Barbie

Film Barbie emang ada yang nyeritain soal Natal, yaitu ‘Barbie Christmas Carol dan A Perfect Christmas.’ Tapi, yang sering diputer di Indonesia justru film-film yang nyeritain soal kehidupan istana. Adegan Natal di film yang biasa tayang siang-siang itu hanya jadi selingan. Fokus filmnya mengangkat cerita anak-anak, seperti Rapunzel, Angsa Buruk Rupa, Thumbelina, Three Musketeers, atau Little Mermaids.

3. Tinkerbell

Habis film Barbie rampung di tv, muncul lagi film ‘Tinkerbell.’ Padahal, semua film peri yang biasa dampingin Peterpan itu sama sekali engga ada yang nyeritain soal Natal. Paling ada yang nyerempet dikit yaitu di film ‘Secret of the Wings.’ Filmnya ngisahin petualangan Tinkerbell dan para peri hutan menjaga tempat tinggal mereka supaya engga beku di musim dingin. Musim dingin identiknya dengan Natal bagi media. Yaudah lah ya.

4. Frozen

Film ‘Frozen’ juga mendadak jadi film Natal karena banyak salju di filmnya. Harusnya sih engga bisa juga dibilang film Natal karena ceritanya lebih fokus sama cerita kakak-adik, Elsa dan Ana. Lihat sendiri, kan. Engga ada yang bisa disangkut-pautin sama Natal. Selain itu, kalo pun ada salju itu jelas karena ulah Elsa dan emang jadi latar cerita. (Judulnya aja Frozen masa iya latarnya musim panas di pantai? Engga kan.)

5. Baby’s Day Out

Sejak diluncurin 1994, ‘Baby’s Day Out’ merupakan film yang nyeritain petualangan bayi pintar yang kabur dari tiga orang penculik. Filmnya jelas engga masuk logika, mana mungkin ada bayi seberuntung itu bisa menghindari penculik lalu bertahan hidup di belantara metropolitan. Tapi, itulah hal yang bikin filmnya kocak, cocok banget ditonton bareng keluarga. Terus, apa yang bikin filmnya jadi film Natal? Yah, karena film keluarga, gaes. Di manapun berada, Natal kan juga identik dengan hari berkumpul bareng keluarga.

6. ‘Charlie and the Chocolate Factory’

Lagi-lagi, film yang ada saljunya dianggap media sebagai film Natal. Kisah ‘Charlie and the Chocolate Factory’ emang bermulai di musim dingin, tapi filmnya ngomongin soal seorang bocah miskin yang dapet hadiah jalan-jalan ke dalam pabrik coklat terbesar. Udah gitu aja. Kalo nyari hikmah dari film ini adalah supaya jadi anak-anak jadi orang yang baik, engga sombong, rakus, dan sok tau.

7. Harry Potter

Biasanya, Harry Potter pertama dan kedua yang jadi film Natal lantaran adegan Natal di kedua filmnya selalu bikin penonton terpukau, entah itu karena Harry dapet jubah gaib (HP 1) atau karena melanggar peraturan dengan bikin ramuan Polyjuice (HP2). Habis itu, udah. Adegan Natalnya lewat dan dilupain, seiring petualangan Harry Potter ngelawan Voldemort.

8. Hugo

https://www.youtube.com/watch?v=hR-kP-olcpM

Coba kamu buka wikipedia soal film ‘Hugo’, terus search kata ‘christmas,’ pasti engga ada! Film itu kan nyeritain perjuangan Hugo Cabret nyari cara mengoperasikan sebuah robot misterius yang diduga menyimpan pesan terakhir mendiang ayahnya. Dalam perjalanannya, Hugo sampai keliling Paris, terlibat industri film, berseteru sama polisi, hingga akhirnya nemuin kunci mengaktifkan robot misterius tadi.

9. Die Hard 2

Nah, kisah utama di film ‘Die Hard 2’ baru berlangsung di malam Natal. Saat itu, sekelompok teroris ngebajak sebuah bandara dan bikin pesawat engga bisa mendarat kalo engga mau diledakin. Untung di bandara itu lagi ada John McClane, letnan polisi yang jadi pemeran utama filmnya. Panik lantaran istrinya ada di salah satu pesawat, McClane ngandelin segala cara buat menumpas teroris dari bandara.

10. Trilogi ‘The Lord of the Rings’

via: Mobipicker
(Sumber: Mobipicker)

Film panjang ini biasanya dibagi dua sesi di stasiun tv swasta. Ditayangin menjelang tanggal 25 Desember dan bakalan kelar pas malam tahun baru. Namun terlepas dari ceritanya yang epik, cuma di ‘The Fellowship of the Ring’ doang kamu bisa liat setingan salju. Lagipula Gandalf di film juga seorang penyihir bukannya Santa Clause. Udah deh gitu aja. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.