Rabu, 19 Juni 2019
Hiburan

10 Fakta Menarik Film ‘AADC2’ yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Tayang Bulan April

Konferensi pers 'AADC2' di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Buat kamu yang termasuk Generasi 90-an, film ‘AADC’ tentu udah jadi salah satu film paling memorable dalam hidup kamu. Siap-siap, sekuel film tersebut bakal segera hadir di bioskop loh, Kawan Muda!

Setelah 14 tahun berlalu sejak ‘AADC’ pertama kali muncul, ‘AADC2’ alias ‘Ada Apa dengan Cinta 2’ akhirnya bakal dirilis pada 28 April mendatang. Di film garapan sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana itu, kamu pun bisa ngelihat kayak gimana kelanjutan hubungan Cinta dan Rangga yang sempat ngegantung di akhir film sebelumnya.

Nah, biar kamu makin siap buat nyambut the ultimate fangirl moment kamu yang cuma tinggal 2 bulan lagi, ada baiknya kamu simak dulu beberapa fakta menarik seputar ‘AADC2’. Berikut ini adalah 10 di antaranya, yang udah terungkap di acara konferensi pers di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2):

Kru dan pemain 'AADC2' nonton Video Diary mereka di konferensi pers di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Kru dan pemain ‘AADC2’ nonton Video Diary mereka di konferensi pers di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
  1. Sekuel yang engga diduga

Banyak dari kamu mungkin sempat bertanya-tanya kenapa ‘AADC2’ baru hadir 14 tahun setelah film pertamanya. Riri dan Mira beralasan bahwa mereka awalnya engga kepikiran buat bikin sekuel. Mira bahkan bilang kalau mereka jarang bikin sekuel karena mereka engga mau “terbebani”.

Tapi, setelah ngumpul lagi, Riri dan Mira akhirnya sadar kalau banyak hal-hal di luar ‘AADC’ sebenarnya udah “bertumbuh dan berkembang”. Oleh karena itu, ‘AADC2’ sekaligus jadi pengalaman dan perjalanan baru bagi mereka maupun para pemain dan kru film lainnya. “‘AADC’ selain sudah jadi bagian dari cerita publik juga jadi bagian dari kami  sendiri,” kata Riri.

  1. Kenapa 28 April?

Well, sebenarnya engga ada alasan khusus di balik pemilihan tanggal 28 April, apalagi yang berhubungan sama “hoki-hokian”. Yang jelas, ‘AADC2’ dirilis di 28 April buat nyesuain sama kapan filmnya selesai, soalnya Mira pengen “punya waktu yang cukup buat persiapan distribusi”.

“Sebenernya ini terus terang aja di awal kami memutuskan untuk membuat ‘AADC2’ tadinya kami pengen banget keluarnya sama persis dengan 14 tahun yang lalu [8 Februari], tapi tidak memungkinkan untuk kami menyelesaikan di tanggal tersebut. Kami pikir kapanpun [dirilisnya] mudah-mudahan bakal ditunggu,” jelas Mira.

  1. Syuting di New York

Selain ngegunain lokasi di Jakarta dan Yogyakarta, pengambilan gambar ‘AADC2’ juga berlangsung di New York dan udah kelar di awal tahun ini. Proses syuting yang sebagian besarnya berlangsung di Brooklyn dengan suhu -7 derajat Celcius itu engga cuma ngelibatin 14 orang dari Jakarta, tapi turut didukung pula oleh 20 kru setempat. Di hari pertama syuting pun langsung turun salju loh, Kawan Muda.

  1. Para pemainnya lebih banyak ngalamin suka dibanding duka

Menurut pengakuan Nicholas Saputra selaku pemeran Rangga, dirinya engga ngalamin kesulitan yang berarti di sepanjang proses syuting ‘AADC2’, yang sekarang lagi masuk tahap akhir masa paska produksi. Justru, doi ngerasa kalau proses syuting film tersebut nyenengin banget.

Hal yang sama pun udah diungkapin oleh Sissy Priscillia dan Titi Kamal, yang meranin Milly dan Maura. Mereka ngerasa kalau main di ‘AADC2’ malah lebih banyak sukanya dibandingin sama dukanya. Kalaupun ada dukanya, paling itu merupakan bagian dari risiko pekerjaan.

Sementara itu, Dian Sastro nambahin pula kalau yang susah itu sebenarnya bukan pas syutingnya, melainkan pas latihannya. “Karena mungkin persiapannya juga mateng banget, pas lagi syuting tinggal eksekusi aja,” ujarnya.

  1. Puisi M. Aan Mansyur

Sama kayak film pertamanya, ‘AADC2’ juga masih nampilin karya-karya sastra berupa puisi sebagai salah satu unsur pentingnya. Berbagai puisi tersebut merupakan hasil tulisan M. Aan Mansyur, seorang penyair yang berasal dari Makassar. So, siap-siap baper ya, Kawan Muda!

Poster 'AADC2' (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Poster ‘AADC2’ (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
  1. Poster warna-warni khas ‘AADC’

Kalau kamu perhatiin, poster ‘AADC2’ sama poster film pertamanya sebenarnya engga jauh beda. Bedanya paling cuma ada pada Cinta dan Rangga yang tukeran posisi. Hal tersebut dinilai Mira sebagai “sebuah identitas”, yang menurutnya orang-orang pasti udah bakal tahu tanpa perlu dijelasin.

“Menurut saya ‘AADC’ merupakan kisah cinta dan persahabatan, bahwa hidup itu penuh warna dan warnanya bisa macam-macam. Di ‘AADC2’ juga sama, kami kembali menggambarkan kehidupan yang penuh warna 14 tahun kemudian,” tambah Mira.

  1. Soundtrack Anto Hoed dan Melly Goeslaw

Lagi-lagi masih sama kayak film pertamanya, soundtrack ‘AADC2’ juga kembali digarap sama pasangan musisi Anto Hoed dan Melly Goeslaw. Total ada 6 lagu yang bakal jadi soundtrack ‘AADC2’, dengan 2 di antaranya berjudul ‘Bimbang’ dan ‘Ratusan Purnama’.

FYI, ‘Bimbang’ dibawain sama Goodbye Felicia, band anak-anak Anto dan Melly, bareng sama Stephanie Poetri, anaknya Titi DJ. Single tersebut udah dirilis di bulan Desember yang lalu. “Uniknya anak-anak saya itu suka banget sama ‘AADC’. Kebetulan mereka juga main band, jadi kenapa kami engga ngelibatin anak-anak seusia mereka, yang memang suka sama ‘AADC’?” beber Melly.

Sebaliknya, ‘Ratusan Purnama’ justru dibawain Melly bareng sama Marthino Lio. Menurut Melly, lagu tersebut ngegambarin tentang “harapan, pengorbanan, dan penantian yang cukup panjang dari Cinta dan Rangga untuk bertemu kembali.” Lagu itu pun bisa kamu peroleh di iTunes besok, Selasa (16/2), dan di CD soundtrack ‘AADC2’ barengan sama penjualan merchandise di jaringan bioskop Cinema XXI.

Engga ketinggalan, di tanggal 31 Maret mendatang juga bakal ada konser peluncuran album soundtrack ‘AADC2’ loh, Kawan Muda. Konser tersebut katanya sih bakal nampilin gabungan lagu-lagu lama di album soundtrack ‘AADC’ dan lagu-lagu baru di album soundtrack ‘AADC2’. Buruan tandain kalender gih!

  1. Merchandise wajib punya

Berawal dari permintaan yang cukup tinggi dari pas film pertama ‘AADC’ dirilis, berbagai merchandise akhirnya bakal dipasarin buat ‘AADC2’. Merchandise ‘AADC2’ antara lain bakal terdiri dari mug, notebook, totebag, serta kaos dengan 3 desain berbeda. Kamu bisa beli berbagai merchandise tersebut di jaringan bioskop Cinema XXI atau secara online di Printerous mulai bulan Maret nanti.

Pemain 'AADC2' di konferensi pers di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Pemain ‘AADC2’ di konferensi pers di The Hall Senayan City, Jakarta, Senin (15/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
  1. Restorasi ‘AADC’

Miles Films bekerja sama dengan Jakarta Prima Digital, Flik, dan Fourmix, udah nge-restore film pertama ‘AADC’, baik dari segi gambar maupun suara. Kalau kamu hari Minggu (14/2) kemarin sempat nonton ‘AADC’ di salah satu stasiun televisi swasta, otomatis kamu udah nonton format digitally remastered tersebut.

Rencananya, DVD ‘AADC’ dengan format digitally remastered bakal dirilis pada bulan Maret mendatang. DVD tersebut dilengkapi pula dengan beberapa bonus spesial yang memang sengaja dibuat khusus alias belum pernah ada sebelumnya. Nyesel deh kalau sampai kamu engga beli, Kawan Muda!

  1. Buku ‘AADC’

Engga cukup cuma ngerilis soundtrack, merchandise, dan DVD ‘AADC’ dengan format digitally remastered, Miles Production ternyata juga bakal ngeluncurin buku ‘AADC’. Buku ‘AADC’ itu pun ternyata engga cuma 1, tapi ada 3. (Gencar banget promosinya!)

“Yang pertama adalah novelisasi dari ‘AADC’ pertama yang akan dirilis Gramedia. Tujuannya untuk memperkenalkan dan menceritakan lebih lanjut film ‘AADC’ pertama ke generasi baru. Buku kedua adalah skenario ‘AADC’ 1 dan 2 dalam 1 buku. Yang ketiga adalah kumpulan puisi dan fotografi yang dibuat Aan mansyur,” papar Mira.

So, udah siap buat ngerasain the ultimate fangirl moment di ‘AADC2’ belum, Kawan Muda? Untuk info lebih lanjut seputar ‘AADC2’, kamu bisa buka situs resmi maupun akun media sosialnya (Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube). Jangan lupa juga buat pakai tagar resmi #AADC2 biar kamu lebih gampang buat dapat info terbaru film tersebut.

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer