Rabu, 27 Januari 2021
StudentKampus

10 Cara supaya Kamu Diangkat dari Anak Magang jadi Pegawai Tetap Favorit

via twitter.comKalo anak magangnya gini sih, gue bakal terima doi (sebagai pacar) #EAA. (Sumber: Twitter)

Genmuda – Pekerjaan idaman gak cuma diperoleh dengan modal nilai bagus, koneksi banyak, dan jago ngomong, tapi juga lewat magang. Soalnya, magang itu sama dengan proses pedekate supaya kantor favorit mau nerima pegawai tetap.

Seperti halnya pacaran, kadang pedekate gak berjalan mulus. Ada karyawan magang yang akhirnya ditolak, cuma jadi friendzone yang menjalin hubungan baik sama kantor idaman, bahkan ada yang dicuekin selama magang.

Supaya termasuk ke dalam golongan yang berhasil dapet kerja lewat magang, ada baiknya lakuin beberapa proses penting di bawah ini. Mirip-mirip kayak pedekate juga, intinya sih harus cari muka dan unjuk kebolehan.

1. Jangan lupa bersosialisasi sama orang kantor

via giphy.com

Bukan berarti diterima kerja mengandalkan KKN, loh! JANGAN. Sebaiknya kamu kenalan sama orang-orang di kantor, baik yang satu divisi hingga beda divisi supaya kamu diinget terus. Sehingga, nama kamu yang langsung teringat ketika mereka butuh nyari karyawan baru.

2. Minta bimbingan senior

Jangan cuma ikutin arahan supervisor yang biasanya cuma ngasih arahan secara umum, tapi serap ilmu langsung dari senior-senior yang kerja bareng kamu. Mereka pasti seneng deh ditanya-tanya dan ngenalin kamu ke bidang kerja yang sesungguhnya, seperti yang mereka lakuin tiap hari.

3. Lakuin kerjaan beneran

Pengalaman yang didapet dari senior itu ada baiknya diaplikasiin supaya gak jadi cerita obrolan seputar pekerjaan doang. Mintalah ke atasan untuk ngerjain pekerjaan beneran sesuai yang dikerjain para senior, bukannya disuruh-suruh bikin kopi, fotokopi, dan nganter-nganterin dokumen doang.

4. Serius kerjanya

via giphy.com

Keseriusan minta kerja “beneran” pasti berbuah hasil. Ketika atasan ngasih kerjaan sesuai bidangnya, lakuin itu sebaik mungkin. Anggap aja udah jadi pegawai tetapnya. Kalo di tengah jalan masih ada yang bikin bingung, jangan lupa kalo kamu masih punya rekan kerja. Tanya aja ke mereka.

5. Ajuin diri untuk ikut project

Tiap kantor pasti punya project tambahan di luar kerjaan sehari-hari. Karyawan-karyawan berpengalaman, terpilih, dan bersedia lah yang bisa ikut kegiatan dengan tuntutan lebih ini. Tapi, gak ada salahnya kamu usulin diri untuk gabung. Meski ditolak, keberanian kamu pasti jadi perhitungan atasan. Pengalaman projectnya kan bisa dipakai untuk bagusin isi CV dan resume kamu.

6. Bantuin senior

Siapa bilang anak magang gak bisa bantu? Justru anak magang tuh merupakan bala bantuan bagi senior-seniornya. Makin banyak senior yang dibantu, makin banyak senior yang bersedia rekomendasiin kamu supaya jadi pegawai tetap.

7. Daftar yang magangnya dibayar

via gfycat.com

Mari kita berbicara kenyataan. Sebuah pekerjaan pasti akan lebih bagus hasilnya kalo bayarannya tepat. Jadi, gak ada salahnya kamu nyari kantor yang mau ngebayar anak-anak magang dengan biaya manusiawi.

8. Taat peraturan

Sepele tapi penting. Kalo masih magang aja udah banyak ngelanggar peraturan tertulis dan tak tertulis di kantor, gimana orang-orang kantor bisa nerima.

9. Lamar sebagai pegawai tetap

via giphy.com

Ini nih yang sama banget kayak pacaran. Pedekate seumur hidup gak bakal ada hasilnya kalo gak pernah nembak. Dalam urusan kantor, “nembak” tuh dilakuin lewat surat bukan cuma dengan omongan. Oleh karena itu, tetep kirim surat lamaran kerja yang sesungguhnya meski semua orang kantor udah tau kamu pengen jadi lebih dari anak magang.

10. Bilang mau masuk tempat lain

Atasan yang udah ngeliat karyawan magangnya kerja dengan baik pasti gak bakalan mau mereka keluar dari kantor apalagi sampai masuk perusahaan pesaing. Belajar dari pengalaman itu, kamu juga bisa loh menebar kabar kalo kamu pengen masuk perusahaan saingan tempat kerja kamu supaya para atasan ketar-ketir.

Akan tetapi, cara itu cuma bisa berhasil kalo kamu jadi anak magang yang berprestasi. Makanya, jadilah pegawai magang yang antusias bekerja, bahkan bila pekerjaan itu terlihat sepele dan monoton. Karena, ya emang seperti itulah dunia kerja yang sesungguhnya. Selamat berjuang ya, gaes.

via tenor.com

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.