Jum'at, 17 Agustus 2018

Genmuda – Gak terasa banget, sumpah. Akun-akun universitas mulai posting alur pendaftaran mahasiswa baru. Bimbingan belajar rame keluar-masuk SMA, promosiin program intensif jelang ujian masuk perguruan tinggi yang tinggal beberapa bulan lagi.

Sementara itu, para senior kelas XII lagi kelimpungan menghadapi pelajaran yang makin susah, ujian harian, tes mendadak, dan bimbingan konseling sambil galau mikirin pilihan kuliah nanti. Kuliah di kampus dekat rumah atau yang jauh?

Gak perlu ragu pilih kampus yang jauh, meski di luar negeri sekalipun. Soalnya, 10 keuntungan ini yang jadi pertimbangannya.

1. Euforia berganda

via tenor.com

Keinginan menjelajahi tempat baru, piknik, dan cari ilmu bakal terpenuhi dengan kuliah di kota lain atau bahkan di negara lain. Saking positifnya mood, kamu bakal punya banyak semangat melalui proses adaptasi tahun-tahun pertama kuliah yang sulitnya minta ampun dengan tekun.

2. Punya banyak teman

Waktu SD, kamu punya teman satu kelurahan. Naik ke SMP, temannya satu kecamatan. Masuk SMA, temannya udah satu kota. Kuliah, pergaulan harus lebih luas lagi. Makanya, kuliah di tempat yang jauh dari rumah biar punya teman dari berbagai latar belakang budaya. Seru, loh.

3. Menantang diri sendiri

via giphy.com

Ketahui lah, gaes. Hidup setelah kuliah diisi banyak tantangan, sedikit waktu istirahat. Makanya, siap-siap sejak dini. Tantang diri sendiri dengan kuliah jauh dari rumah. Cuma dengan begitu kamu bisa belajar cara mengelola keuangan, mengatasi stres, dan mengatur waktu secara bersamaan.

4. Dekatin diri ke klub favorit

Kamu tinggal di Blitar tapi mengidolakan Persija, sampai rela ke Jakarta untuk nonton pertandingannya. Biar bisa nonton tim idola tanpa keluar terlalu banyak uang, kuliah aja di area Jakarta.

5. Dekatin diri ke kantor idaman

via tumblr.com

Dengan kuliah di kota yang sama dengan kantor idaman, kamu bisa lakuin banyak banget proses untuk masuk kantor itu. Awalnya, kamu dateng buat study tour. Terus, magang. Kemudian, kerja kontrak. Lama-lama, diangkat jadi pegawai kantornya. Amiin.

6. Ngejar jurusannya

Bisa jadi, jurusan di kampus yang jauh dari rumah adalah terbaik di Indonesia. Atau, jurusan di kampus itu yang bisa menampung kamu karena kampus dekat rumah udah kepenuhan.

7. Incar program pengembangan mahasiswanya

via tenor.com

Ada loh kampus yang punya program pengembangan mahasiswa keren banget, sehingga semua lulusannya jadi orang sukses. Jadi, gak ada salahnya masuk ke kampus itu meski jaraknya ratusan kilometer dari rumah. Kan, bisa ngekos.

8. Manfaatin relasi kampusnya

Ada juga kampus yang menjalin relasi ke kampus luar negeri atau perusahaan tertentu. Sehingga, mahasiswanya sering dikirim pertukaran pelajar ke negara lain dan langsung direkomendasiin kerja ke kantor-kantor bergengsi. Jangan banyak mikir lagi, masuk aja ke kampus itu!

9. Manfaatin fasilitas kampus

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bisa juga, kampus nun jauh di sana punya banyak fasilitas penunjang pendidikan. Misalnya, transportasi gratis keliling kampus, laboratorium di atas standar, atau perpustakaan paling lengkap di Indonesia.

10. Biar beneran kayak anak kampus

Iya. Biar kayak anak kampus pada umumnya. Biar kamu bisa cerita ke para junior, anak, dan cucu nanti soal kehidupan mahasiswa yang punya banyak cerita soal ditagih bayaran sama ibu kosan, numpang wifi kampus, hingga telat masuk kelas pagi karena gak ada yang bangunin.

Apapun pilihan kamu, semoga itu yang terbaik, gak salah pilih, dan bawa kamu ke jalur karier idaman. Semangat, gengs! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.