Senin, 10 Desember 2018

Genmuda –  Sekarang iklan tentang minuman bersoda udah semeliwiran di mana-mana, mau di TV, billboard pinggir jalan sampai brosur-brosur di mall. Engga heran lagi. Semua dikemas semenarik mungkin dengan tujuan menarik para konsumen baru buat nyobain, terkadang dibalut dengan arti sebuah harapan dan segala tetek bengek konsep sebuah iklan, yang bisa nyentuh hati seseorang.

Engga ada salahnya kok, namanya juga sebuah produk. Tapi, tau engga kamu? Dibalik enaknya minum minuman bersoda, ternyata kalo kita minumnya kebanyakan bisa merugikan diri sendiri loh. Satu kasus, orang Amerika Serikat hampir setengah dari populasinya minum soda setiap hari, mengkonsumsi rata-rata dua setengah gelas sehari, akhirnya pada gendut-gendut, seperti diceritain AsapScience.

Apa aja sih akibat kalo kita kebanyakan minum minuman bersoda? Nih, baca baik-baik ye, biar kapok. Inget, mencegah lebih baik daripada mengobati. Klasik.

1. Gigi kamu lama kelamaan berwarna cokelat

Kandungan asam yang terkandung di minuman bersoda tuh bisa mengikis enamel gigi kamu. Selain itu, rasa manis yang ditimbulkan gula bisa bikin gigi kamu bolong. Iiihhh…

2. Bikin gendut

Sebuah studi dari University of Yale ngebuktiin kalo mengkonsumsi soda itu sama dengan menimbun kalori di tubuh kamu, itu baru dari soda, belum dari minuman atau makanan lain. Pemanis buatan yang terkandung di soda juga bisa bikin lemak kamu numpuk. Penelitian yang mereka galang juga berhasil membuktikan kalo mengurangi gula dalam minuman bisa mencegah satu juta kasus obesitas.

3. Menua sebelum waktunya

“Telomeres are protective caps on the ends of our chromosomes which shorten over time, and it turns out that their rate of shortening is nearly the same in a person who drinks 600ml of soda in a day,” peringatan dari AsapSCIENCE.

4. Aritmia dan pusing tiba-tiba

Seorang wanita dari Monako mengkonsumsi dua liter soda selama 16 tahun berturut-turut yang berujung pada rumah sakit, diusianya yang ke-31. Doi divonis kena aritmia, yang suka pingsan mendadak gitu. Hasil tes menunjukan kalo doi kekurangan kalium karena tingginya kadar fruktosa dan kafein dari soda yang diminumnya.

5. Diet soda itu gak sehat

Hasil penelitian AsapSCIENCE membuktikan kalo rasa manis, baik dari pemanis alami atau buatan, malah menambah nafsu makan seseorang. Diet soda? Jangan lagi-lagi kamu ngelakuinnya.

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis